Sukses

Madu Lebih Baik Mengatasi Pilek Daripada Antibiotik

Liputan6.com, Jakarta Sudah turun temurun madu dianggap ampuh mengobati batuk pilek. Itu karena madu kaya akan antioksidan, antibakteri, dan antimikroba dan cairan kuning ini menenangkan tenggorokan, mengurangi iritasi, dan membantu memecah lendir.

Keberadaan dukungan sains atas klaim tersebut menjadikan madu dianggap lebih ampuh dalam mengobati batuk dan pilek daripada antibiotik yang dijual bebas, dilansir dari TimesofIndia.

Madu untuk Sakit Tenggorokan

Menurut penelitian terbaru, madu bisa lebih baik daripada metode konvensional seperti dalam mengobati batuk, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Selain itu, madu kaya nutrisi dan tidak diketahui memiliki efek samping.

Sesuai penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Oxford, para ilmuwan menemukan bahwa madu adalah alternatif yang efektif untuk antibiotik dan obat bebas lainnya untuk mengobati gangguan pernapasan ringan.

Studi tersebut meninjau dan menganalisis 14 studi termasuk pengalaman 1.761 partisipan sebelum mencapai kesimpulan bahwa madu secara konsisten lebih berhasil dan lebih cepat dalam memperbaiki gejala yang berhubungan dengan flu.

Tapi ini bukan pertama kalinya sains mendukung madu karena khasiatnya yang luar biasa meredakan pilek.

Bahkan di masa lalu, para ilmuwan memuji madu karena sifat antimikroba dan antioksidannya. Selain itu, para ilmuwan menekankan bahwa madu tidak memiliki efek samping dan dapat diresepkan oleh dokter sebagai pengganti antibiotik.

Namun, para ilmuwan juga menunjukkan bahwa berbagai jenis madu tersedia di pasaran dan dapat diambil dengan cara yang berbeda (porsi atau takaran).

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui jenis madu yang terbaik untuk meredakan sakit tenggorokan dan bagaimana cara meminumnya.

 

2 dari 3 halaman

Cara Mengonsumsi Madu untuk Pengobatan

Anda dapat mengonsumsi madu dengan berbagai cara saat mengatasi sakit tenggorokan dan pilek. Kombinasi yang paling umum adalah:

- Anda cukup meminum sesendok madu saat menderita sakit tenggorokan.

- Anda bisa mencampurkan dua sendok makan madu dalam segelas air hangat atau teh, dan meminumnya.

- Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan madu ke dalam segelas hangat dan menambahkan perasan lemon ke dalamnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: