Sukses

Hati-hati, Inilah 5 Spot Terkotor di Rumah dan Tips Membersihkannya

Liputan6.com, Jakarta Jangan heran, bahkan kotoran, bakteri dan kuman dapat hidup di tempat-tempat di rumah Anda yang mungkin Anda kira bersih. Berikut ini merupakan tempat-tempat yang harus rutin Anda bersihkan, dilansir dari Howstuffworks.

1. Wastafel dapur

Penggunaan sehari-hari, tidak mengejutkan apabila wastafel dapur Anda mungkin sebenarnya lebih kotor dan lebih banyak bakteri daripada toilet Anda. Sementara kebanyakan dari kita selalu meluangkan waktu untuk mendisinfeksi toilet, kita melupakan bakteri yang berkembang biak di wastafel.

Mulai dari sisa makanan yang menempel di penyaring, bisa menjadi tempat berkembang biaknya salmonella dan E.Coli. Makanya jangan hanya membilas wastafel dengan air. Cuci dengan pemutih atau pembersih yang mengandung pemutih minimal sekali sehari, dan bilas. Jangan lupa untuk mengganti spons, sikat dan lap dapur secara rutin.

2. Remote TV

Semua orang menyentuh remote. Bahkan setelah terjatuh ke lantai, dijilat hewan peliharaan, terjatuhi makanan dan sebagainya maka tidak heran jika remote juga memiliki kuman.

Bersihkan remote dengan rutin, setiap hari kalau bisa, dengan lap berbasis alkohol atau pemutih, atau dengan handuk kertas dengan pemutih dan air.

3. Keyboard komputer

Sama seperti remote tv, keyboard komputer mudah menangkap kuman. Droplet dari bersin Anda bisa menempel pada keyboard, makan di meja kerja tanpa mencuci tangan, dan kebiasaan lainnya berpotensi menyebarkan kuman dan bakteri.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan dan usahakan orang lain melakukan hal yang sama sebelum menggunakan komputer Anda, terutama jangan makan di atas keyboard. Keluarkan sisa remahan yang masuk ek dalam keyborad dan bersihkan keyboard dan mouse dengan menggunakan lap berbasis alkohol setiap harinya.

 

2 dari 3 halaman

4. Bak Mandi

Bak mandi rupanya juga menjadi rumah rahasia bagi para kuman, ditambah air hangat, sama saja membuatkan tempat berkembang biak bagi jamur dan bakteri. Semprotkan bak mandi dengan pembersih setiap sehabis mandi. Gunakan pembersih berbasis pemutih untuk benar-benar mensterilkannya, baru kemudian bilas dan bersihkan setiap titik lembab.

5. Sikat gigi

Kita menggunakan sikat gigi untuk membersihkan mulut kita, tetapi itu artinya sikat gigi mengumpulkan kuman dan bakteri. Parahnya tidak hanya kuman dan bakteri dari mulut kita, tetapi juga dari kamar mandi.

Makanya gantilah sikat gigi secara rutin dan simpan di tempat yang sepenuhnya kering dan sejauh mungkin dari toilet. Kemudian siram dengan penutupnya, karena setiap siraman juga bisa menyemprotkan bakteri.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: