Sukses

11 Makanan yang Membantu Badan Jadi Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Meskipun tinggi badan sangat tergantung pada genetika, mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan sangat penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

Meskipun Anda tidak dapat tumbuh lebih tinggi setelah mencapai ketinggian maksimum, makanan tertentu dapat membantu mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap sehat dan kuat.

Protein, misalnya, memainkan peran penting dalam perkembangan yang sehat sambil juga mempromosikan perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh.

Bahan gizi mikro lainnya seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor terlibat dalam kesehatan tulang, yang merupakan pusat pertumbuhan.

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik, yang merupakan jenis bakteri menguntungkan yang sering ditemukan dalam makanan fermentasi, juga dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak.

Berikut adalah 11 makanan yang dapat membantu membuat lebih tinggi atau mempertahankan tinggi badan, melansir laman healthline.com, Rabu (1/4/2020).

1. Kacang

Kacang mengandung protein dan zat besi yang tinggi, yang dapat melindungi terhadap anemia dan meningkatkan pertumbuhan yang tepat.

2. Ayam

Ayam adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan, seperti protein, vitamin B12, dan taurin.

 

3. Almond

Almond kaya akan vitamin E dan telah terbukti menghambat pembentukan osteoklas, sejenis sel yang memecah jaringan tulang.

4. Sayuran 

Sayuran hijau kaya akan vitamin K, yang mendukung kesehatan tulang. Satu studi menemukan bahwa asupan hijau secara teratur bisa menjaga massa tulang.

 

5. Yoghurt

Yoghurt kaya protein, juga kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium. Beberapa jenis juga mengandung probiotik, yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan.

 

6. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin A, yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Mereka juga tinggi serat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan penyerapan nutrisi.

7. Quinoa

Quinoa adalah protein lengkap dan kaya magnesium, yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

8. Telur

Telur kaya akan protein dan vitamin D, bersama dengan beberapa zat gizi mikro penting lainnya. Studi menunjukkan bahwa asupan telur secara teratur dapat dikaitkan dengan peningkatan tinggi badan.

9. Berry

Buah beri kaya akan vitamin C, yang mendorong pertumbuhan sel, mendukung perbaikan jaringan, dan meningkatkan produksi kolagen.

10. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan pergantian tulang untuk meningkatkan pertumbuhan.

11. Susu

Susu mengandung jumlah protein yang baik dalam setiap sajian, bersama dengan beberapa zat gizi mikro yang dapat mendukung kesehatan tulang untuk meningkatkan atau mempertahankan pertumbuhan.

 

Reporter : Tiara Sekarini