Sukses

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

Tinggi badan rata-rata di seluruh dunia sangat beragam dan bervariasi. Namun, permasalahan tinggi badan ini seringkali menjadi hal yang sensitif. Sebagian besar orang di seluruh dunia tentu menginginkan tinggi badan yang ideal. Yuk, simak dan ketahui faktor apa saja yang bisa mempengaruhi tinggi badan kamu!

Liputan6.com, Jakarta Tinggi badan yang ideal adalah dambaan banyak individu, baik pria maupun wanita, di berbagai negara. Hal ini dikarenakan terdapat sejumlah manfaat yang dapat diperoleh ketika seseorang memiliki tinggi badan yang sesuai, termasuk manfaat kesehatan. Tinggi badan seseorang pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melekat pada dirinya. 

Dikutip dari health.com (22/03/2024), berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Faktor Genetika

Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 80% tinggi badan seseorang ditentukan oleh faktor genetika. Penelitian telah mengidentifikasi lebih dari 700 varian gen umum yang mampu mempengaruhi tinggi badan. Akibatnya, seorang anak yang memiliki orang tua yang pendek kemungkinan besar juga memiliki postur tubuh yang pendek. Namun, perkiraan tinggi badan berdasarkan faktor genetik ini tidak sepenuhnya akurat. Ini disebabkan oleh adanya banyak varian genetik lainnya serta pengaruh lingkungan yang juga dapat mempengaruhi tinggi badan.

3 dari 9 halaman

Faktor Nutrisi dalam Tubuh

Tubuh memerlukan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, dan vitamin untuk berkembang dengan optimal. Kekurangan asupan nutrisi pada anak-anak dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Khususnya, asupan protein yang mencukupi sangat penting bagi pertumbuhan tinggi badan yang optimal pada anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi protein berkualitas tinggi, seperti yang terdapat dalam susu, cenderung mengalami pertumbuhan yang lebih baik.

4 dari 9 halaman

Faktor Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi dan struktur tulang manusia, yang pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan. Contoh kondisi kesehatan yang bisa mempengaruhi potensi tinggi badan termasuk:

1. Penyakit radang usus

2. Peradangan sendi kronis

3. Penyakit ginjal kronis

4. Fibrosis kistik

5 dari 9 halaman

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Tinggi Badan?

Faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah susunan genetik mereka. Namun, banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi tinggi badan selama perkembangan, termasuk nutrisi, hormon, tingkat aktivitas, dan kondisi medis.

 

6 dari 9 halaman

Apa yang Membuat Pertumbuhan Tinggi Badan?

Dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang menentukan tinggi badan adalah genetik atau DNA, namun tak hanya itu, masih banyak faktor lain yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan seseorang, terutama pada masa kanak-kanak.

7 dari 9 halaman

Apa yang Menyebabkan Tinggi Badan Tidak Naik?

Selain kurangnya asupan, nutrisi yang tidak mencukupi untuk pertumbuhan bisa terjadi akibat adanya gangguan penyerapan, seperti penyakit celiac atau penyakit Crohn. Penyakit kronis seperti kelainan jantung bawaan, masalah pada ginjal, dan gangguan paru-paru juga bisa menjadi penyebab anak pendek.

8 dari 9 halaman

Tinggi Badan Berhenti di Usia Berapa?

Pertumbuhan tinggi badan anak laki-laki akan berhenti di usia 20 tahun. Sementara pada anak perempuan sampai usia 18 tahun. Namun, usia bukanlah patokan mati karena tinggi badan juga berkaitan dengan fase cepat pertumbuhan yang biasanya terjadi sebelum pubertas.

 

9 dari 9 halaman

Apakah Laki-laki Umur 22 Masih Bisa Tinggi?

Tubuh tidak akan bertambah tinggi di usia remaja akhir. Di usia 15-18 tahun, baik laki-laki maupun perempuan sudah setop tumbuh tingginya. Pada laki-laki, tubuh masih bisa bertambah tinggi hingga usia 18 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.