Sukses

5 Tanda Mengetahui Seseorang Berjiwa Kepemimpinan

Liputan6.com, Jakarta Jiwa kepemimpinan tidak dimiliki oleh semua orang, tetapi hanya orang-orang yang menguasai dirinya dengan baik. Orang yang memiliki jiwa kepemimpinan akan mampu mengondisikan dirinya dengan baik dan juga lingkungan di sekitarnya.

Berikut 5 tanda bahwa Anda memiliki jiwa kepemimpinan, seperti mengutip laman Inc.com:

1. Transparansi

Baru-baru David Graham, pendiri dan CEO Code Ninjas membagikan hal soal kepemimpinan. Dia memulai pertemuan dalam rangka brainstorming, dengan menghilangkan ketegangan pada timnya dengan bersikap transparan, dan membuka pertemuan dengan mengumumkan bahwa 90 persen dari apa yang stafnya akan katakan tidak akan pernah terjadi.

"Tidak ada ide bodoh, jadi biarkan saja mereka mengalir. Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin Anda katakan yang akan menginspirasi orang lain, bahkan jika ide Anda adalah sebuah kegagalan, "Graham kepada timnya.

Ketika sebuah ide muncul, dia memiliki empat pertanyaan sederhana untuk meminta karyawannya untuk menentukan apakah itu akan dikejara atau tidak.

Pertanyaannya, bagaimana suatu rencana akan gagal? Bisakah kita mengurangi kegagalan? Apakah rencana di bidang keahlian kita? Dan apakah itu ada pada sebuah merek?

2 dari 3 halaman

Kenali Tanda-Tandanya

 

2. Berbagi proses pengambilan keputusan

Secara tradisional, gaya otokratis manajemen telah efektif dalam mendapatkan hasil. Tapi sifat kerja hari ini, bersama dengan tenaga kerjanya, telah berubah.

Keberhasilan dalam manajemen saat ini membutuhkan kolaborasi--bukan perintah. Meminta orang untuk mengambil bagian dalam menentukan tujuan bahwa mereka akan menjadi bagian dari komponen penting untuk melibatkan karyawan.

3. Mendengarkan tanpa interupsi

Sebelum Anda beranggapan bahwa Anda baik untuk memimpin, harus bertanya pada diri sendiri. Apakah saya adalah pendengar yang baik? Karena jika Anda akan memimpin, maka perlu mengetahui hal itu.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di Harvard Business Review mendukung bukti bahwa para pemimpin yang mendengarkan dengan baik "dianggap sebagai pemimpin yang menghasilkan lebih banyak kepercayaan, menanamkan kepuasan kerja yang lebih tinggi, dan meningkatkan kreativitas tim mereka. "

Salah satu alasan pemimpin tidak mendengarkan lebih banyak di tempat kerja adalah bahwa mereka pikir akan dianggap sebagai lemah atau tanpa otoritas. Alasan lain adalah bahwa mereka hanya di bawah tekanan waktu atau terganggu oleh pikiran lain.

Langkah pertama untuk menjadi pendengar yang lebih baik adalah untuk menghilangkan kebisingan-dari pikiran Anda terganggu dan lingkungan fisik dan digital Anda.

3 dari 3 halaman

Ciptakan Suasana Nyaman

4. Menciptakan budaya persahabatan

Karyawan yang kelelahan adalah ancaman nyata bagi kesejahteraan pekerja hari ini. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Gallup menemukan bahwa 23 persen karyawan melaporkan merasa tereksploitasi di pekerjaan yang sangat sering atau monoton.

Sementara tambahan 44 persen melaporkan merasa kerap kesal. Itu berarti sampai dua-pertiga dari karyawan Anda bisa mengalami kelelahan pada pekerjaan di satu waktu.

Pemimpin sekarang dihadapkan dengan membina lingkungan yang sehat bagi karyawan yang bahagia untuk mencapai tingkat produktivitas yang tinggi.

Sebuah studi Gallup baru-baru ini menemukan bahwa wanita yang memiliki teman terbaik di tempat kerja lebih dari dua kali lebih mungkin untuk terlibat daripada wanita yang tidak.

5. Tumbuhkan terus jiwa kepemimpinan

Menumbuhkan kesadaran diri menjadi sebuah perjalanan emosional dapat sangat bermanfaat. Salah satu eksekutif Chuck Runyon, CEO of The multimilyar-dolar self, perusahaan induk untuk Anytime Fitness, Waxing The City, dan Basecamp fitness sebagai contoh.

"Sama seperti Anda harus bekerja secara konsisten untuk membangun otot, Anda harus secara aktif bekerja pada peningkatan kepemimpinan Anda juga, " ujar Runyon.

Di kolom sebelumnya, ia berbagi lima langkah untuk menjadi lebih sadar diri, yang akan membantu dalam interaksi Anda dengan karyawan, kolega, pelanggan, dan investor.

Runyon saham: "Dapatkan penghambat mereka, merayakan kemenangan mereka, dan berada di sana untuk mereka jika mereka gagal. Mendorong dan memberdayakan mereka untuk mengambil risiko agar dapat terus meningkatkan dan memajukan. Memberikan kesempatan untuk pengembangan profesional seperti konferensi, acara, dan kursus untuk pertumbuhan pribadi. "

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Anda Siap Jadi Pemimpin
Artikel Selanjutnya
Menkes Terawan: Sebelum Jadi Pemimpin Bangsa, Harus Bisa Pimpin Keluarga