Sukses

Bukan Angsuran, Ternyata Ini Yang Bikin Pusing Milenial Setelah Beli Rumah

Liputan6.com, Jakarta Harga properti, khususnya rumah, terus meningkat naik setiap tahun. Kondisi tersebut membuat para milenial yang telah mengambil kredit rumah kesulitan untuk mengelola finansialnya.

Lebih dari itu, ada satu hal yang ternyata membuat para milenial merasa stres setelah membeli rumah. Fakta tersebut diungkap melalui penelitian yang dilakkan situs ekuitas perumahaan, Hometap.

Melansir laman CNBC, Senin (18/11/2019), sebanyak lebih dari 42 persen milenial di Amerika Serikat merasa khawatir mengenai biaya pendidikan anak, setelah mengambil rumah secara kredit.

Biaya pendidikan anak di masa depan merupakan kekhawatiran yang membuat milenial merasa sangat stres stelah membeli rumah.

Bahkan pada penelitian bertajuk 2019 Homeownership Study tersebut, lebih dari 73 persen partisipan mengaku memiliki rumah bagus tapi selalu kesulitan secara finansial.

Dari 675 milenial atau pemilik rumah yang terlibat, sebanyak 60 persen diantaranya mengaku sangat sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari setelah membeli rumah.

Dengan kondisi seperti itu, tak heran jika para milenial kesulitan untuk membayar biaya pendidikan anak-anak. Sementara sebanyak 59 persen milenial mengaku menunda tabungan masa depan demi memenuhi biaya pendidikan anak.

Kenaikkan harga rumah dari tahun ke tahun memang tidak bisa terhindarkan. Sayangnya, kenaikkan harga properti seringkali tidak berbanding lurus dengan kenaikkan gaji karyawan pada umumnya.

Tentu saja, bukan tidak mungkin Anda memiliki rumah dan kebutuhan rumah tangga tetap terpenuhi. Caranya jelas dengan memperhatikan mana kebutuhan dan mana yang hanya sekadar keinginan saja.

2 dari 2 halaman

3 Langkah Agar Kredit Rumah Cepat Lunas

Rumah merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. Oleh sebab itu tak heran jika seseorang menggunakan berbagai cara agar bisa memiliki rumah.

Salah satunya adalah membeli dengan cara Kredit atau KPR. Langkah ini menjadi pilihan favorit terutama pasangan muda. Harga rumah yang mahal bisa diakali dengan menyicil.

 

 
 

 

Biasanya pilihan kredit untuk pelunasan satu rumah dapat begitu lama, sehingga banyak orang yang begitu tenang dan santai. Bahkan cenderung tidak mengusahakan untuk mencari cara untuk melunasinya secepat mungkin dengan dalih sangat susah mengumpulkan uangnya.

Padahal ada cara agar KPR cepat lunas. Dikutip dari laman Your Money, Selasa (5/11/2019),  berikut ada 3 tips untuk cepat mengumpulkan uang guna melunasi kredit rumah:

1. Berhematlah

Mungkin kata-kata ini begitu sering Anda dengar. Namun, memang ini adalah cara terbaik untuk segera melunasi segala hutang yang ada termasuk kredit rumah yang saat ini sedang Anda ambil.

Mulailah untuk hidup hemat yang cerdas, mulai dari mengurangi kebiasaan untuk jalan-jalan ke mall, makan di luar rumah, usahakan untuk meminimalkan pengeluaran Anda sebaik mungkin. 

2. Mulailah Investasi Cerdas

Anda memiliki investasi? Jika iya maka ini adalah waktu yang baik bagi Anda untuk menggunakannya saat simpanan Anda belum mencukupi untuk membayar cicilan kredit tersebut.

Namun jika Anda masih belum berinvestasi namun sulit menabung, maka inilah cara terbaik mengumpulkan uang untuk melunasi cicilan kredit yang merongrong. Investasi sama saja halnya menabung untuk menjaga kestabilan keuangan Anda.

3. Pilihlah Rumah dengan Pajak yang Aman

Namun cara terbaik yaitu pilihlah rumah dengan pembayaran pajak yang rendah agar nantinya Anda tidak susah untuk membayar. Lakukanlah survei sebanyak mungkin sebelum Anda menentukan akan membeli rumah yang mana.

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Istilah Lovebombing, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
Kementerian PUPR Godok Konsep Hunian untuk Milenial di Tengah Kota