Sukses

Sehari Tanpa Gawai, Ini Manfaat yang Langsung Anda Rasakan

Berikut empat manfaat yang bisa langsung Anda rasakan saat berhenti menggunakan gawai.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi, gawai diciptakan untuk memberikan kenyamanan dan membantu pekerjaan banyak orang dalam menjalani aktivitas sehari-harinya. Namun tetap saja, penggunaan gawai yang berlebihan justru memberikan dampak negatif yang tidak kalah sedikit bagi para penggunanya.

Lebih dari itu, banyak studi yang menyebutkan bahwa penggunaan ponsel, laptop atau tablet dapat berdampak buruk terutama pada kesehatan jika dilakukan tanpa terkendali. Sementara berbagai studi lain menyarankan banyak pihak untuk sehari saja berpuasa menggunakan gawai.

Melansir laman boldsky, Selasa (15/10/2019), berikut empat manfaat yang bisa langsung Anda rasakan saat berhenti menggunakan gawai sehari saja:

1. Lebih menikmati makanan

Seringkali, Anda melihat orang lain atau bahkan diri sendiri makan sambil mengakses gawai. Hal itu tetap sering dilakukan meski Anda tahu tindakan tersebut tidak benar.

Tanpa gawai, Anda bisa lebih menikmati makanan yang Anda lahap, tanpa berganti fokus antara makanan dan gawai. Bahkan beberapa orag yang sudah mencoba hidup tanpa gawai mengaku makanan yang mereka santap terasa lebih lezat dari biasanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hubungan yang lebih harmonis

Tanpa disadari, kebiasaan mengakses ponsel saat sedang bersama pasangan membuat hubungan yang dijalani jauh dari kata harmonis. Meski dekat, secara tidak langsung, Anda menyingkirkan pasangan Anda.

Maka cobalah untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang bersama pasangan demi kualitas hubungan yang lebih baik. Abaikan pesan atau telepon yang tidak penting saat sedang bersamanya guna mendapatkan hubungan yang lebih romantis dan harmonis.

 

3 dari 4 halaman

3. Mata dan wajah lebih segar

Saat Anda memandang monitor laptop atau ponsel terlalu lama, otot-otot mata akan secara otomatis merasa lelah. Terlebih lagi, radiasi yang dihasilkan membuat mata Anda semakin lelah.

Berpuasa memegang gawai dapat membuat mata lebih santai dan wajah tampak lebih segar.

 

4 dari 4 halaman

4. Mencegah infeksi telinga

Bicara melalui telepon dalam waktu lama memang menyenangkan. Sama halnya seperti mendengarkan musik dari ponsel. Tapi tahukah Anda kebiasaan tersebut dapat membuat telinga terkena infeksi?

Maka aturlah durasi penggunakan ponsel dekat telinga demi melindungi kesehatan anggota tubuh sendiri. Jadi cobalah untuk menjauhkan diri dari gawai sehari saja. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini