Sukses

[VIDEO] Banjir Lahar Dingin Kelud, Desa Pandansari Terisolir

Terjangan banjir lahar hujan di wilayah Kediri, Blitar dan Malang, Jawa Timur.

Dampak dari hujan turun di sekitar wilayah Gunung Kelud yang meletus beberapa waktu lalu mengakibatkan terjangan banjir lahar hujan di wilayah Kediri, Blitar dan Malang, Jawa Timur. Banjir ini terjadi kemarin sore dan memutus jalur transportasi ke sejumlah dusun di Desa Pandansari, Malang. Satu-satunya jembatan penghubungan antar desa itu, hilang disapu derasnya air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV, Rabu (18/2/2014), lahar hujan langsung menyapu material pasir dan batu yang menutupi Lereng Kelud. Air bercampur lumpur pasir dan batu-batu kecil mengalir deras dari setiap tebing dan selokan menuju tempat yang lebih landai.

Akibatnya banjir bandang seketika menerjang Sungai Sambong yang menghubungkan sejumlah Dusun di Desa itu. Satu-satunya jembatan yang menghubungkan dusun-dusun tersebut ke jalan raya utama hilang tersapu air. Sejumlah tiang listrik dan pepohonan di bantaran sungai roboh dan sebagian  lenyap.

Derasnya air menyapu membuat warga desa dan relawan yang sedang membagikan bantuan, terjebak di Dusun Munjung yang merupakan dusun paling terdekat dengan Sungai Sambong.

Seluruh kendaraan yang tidak bisa keluar sepanjang malam tadi pagi sudah bisa dievakuasi ke jalan utama. Itupun dengan bantuan personil TNI dan Polri. Hingga saat ini ratusan warga sudah bisa dievakuasi, namun sebagian warga tetap memilih tinggal di rumahnya masing-masing untuk menjaga ternaknya. (Dvr/Ism)


Baca Juga:
Lahar Dingin Kelud, Ruas Jalan Kediri Menuju Malang Terputus
Lahar Dingin Kelud Mengalir Deras, Nyaris Sentuh Bibir Jembatan
Diterjang Lahar Dingin Kelud, Desa Pandansari Ngantang Terisolir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.