Sukses

[VIDEO] Kini Lahar Dingin Kelud Mengancam

Jarak Dusun Dusun Laharpang, Kercamatan Puncu, Kediri, dengan Gunung Kelud sekitar 5-6 Km.

Jarak Dusun Dusun Laharpang, Kecamatan Puncu, Kediri, Jawa Timur, dengan puncak Gunung Kelud hanya sekitar 5-6 Kilometer.  Sehingga karakteristik material bebatuan, kerikil, pasir di lokasi ini ukurannya lebih besar dibandingkan vulkanik di lokasi lain.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (17/2/2014), dusun ini jaraknya sangat dekat dengan Gunung Kelud. 

Akibatnya, material Kelud berukuran besar itu menimpa atap-atap rumah. Alhasil, rumah-rumah penduduk tak sanggup menahan beban dari material abu vulkanik akhirnya roboh dan menyebabkan rumah-rumah warga rusak.

Dusun Laharpang ini dihuni sebanyak 43 kepala keluarga atau jumlahnya sekitar 120-150 jiwa. Warga setempat sudah mengungsi. Namun warga laki-laki memutuskan untuk menjaga hewan ternak mereka yang belum sempat dievakuasi.

Selain itu jarak Dusun ini sekitar 20 kilometer dari jalur lahar dingin Gunung Kelud. Sehingga ancaman lahar dingin menghadang di depan mata.

Namun hingga saat ini beberapa warga belum memutuskan untuk pergi ke tempat pengungsian dan masih menjaga hewan-hewan ternak mereka. Sementara itu warga sangat membutuhkan bantuan berupa terpal untuk melindungi rumah-rumah mereka agar tidak semakin hancur.

Apabila Gunung Kelud sudah dinyatakan lebih aman dibandingkan saat ini, mereka  berharap bisa kembali ke rumah dan memperbaiki rumah mereka, selain itu warga setempat sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah. (Dan/Ism)

Baca juga:

[VIDEO] SBY Kunjungi Pengungsi Letusan Gunung Kelud
[VIDEO] Ukuran Material Kelud: Mulai dari Kerikil Hingga Sekepal
[VIDEO] Satwa pun Terdampak Abu Kelud



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.