Sukses

[VIDEO] Kelud Meletus, Jasa Cuci Kendaraan Laris Manis

Letusan Gunung Kelud yang menebarkan debu vulkanik menjadi ladang rezeki tersendiri bagi pengusaha jasa pencucian motor dan mobil.

Letusan Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada Kamis malam 13 Februari lalu, mendatangkan rezeki tersendiri bagi pengusaha jasa pencucian motor dan mobil. Banyaknya pelanggan yang datang membuat keuntungan berlipat hanya dalam sehari.

Jasa pencucian mobil dan sepeda motor di Desa Beloran, Sragen, Jawa Tengah, misalnya. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (15/2/2014), jasa cuci kendaraan itu kebanjiran pelanggan.

Meski sudah buka 24 jam, masih ada pelanggan yang terpaksa ditolak lantaran sudah terlalu banyak kendaraan yang harus dibersihkan. Dengan tarif Rp 25 ribu untuk sekali cuci mobil dan Rp 6.000 untuk cuci sepeda motor, pemilik jasa pencucian kendaraan ini bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dalam sehari.

"Sekarang sehari 2 kali cuci. Debu membuat kendaraan cepat kotor," ucap Sodik, salah satu pelanggan.

Erupsi dahsyat Gunung Kelud juga membuat permintaan masker meningkat. Banyak warga yang menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah agar tidak menghirup debu vulkanik.

1 Pabrik masker di kawasan Kalimas, Surabaya, Jawa Timur, misalnya, mendapatkan lonjakan permintaan. Dari biasanya hanya 15 ribu masker per hari, sejak Gunung Kelud meletus, kini permintaan mencapai 250 ribu masker. Permintaan tak hanya datang dari berbagai kabupaten di Jawa Timur, tetapi juga di Jawa Tengah dan Jawa Barat. (Ans/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Abu Kelud Masih Selimuti Bandara, Calon Penumpang Pasrah
[VIDEO] Abu Kelud Menyebar di Pangandaran, Pasar Sepi Pembeli
Kelud Meletus, Ribuan Ternak Ditinggal Mengungsi Warga Malang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini