Sukses

Jokowi Tambah 30 Bus Transjakarta Gandeng di 2 Koridor

Sebelum meresmikan, Jokowi terlebih dahulu mengecek kesiapan seluruh bus produksi China tersebut yang terparkir di lapangan silang Monas.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo resmi meluncurkan 30 unit bus gandeng Transjakarta baru yang dioperasikan di dua rute pelayanan langsung. Yaitu, Koridor II yang melayani rute ekspres Pulo Gadung-Bundaran Senayan dan Koridor III jurusan Kalideres-Bundaran Senayan dan Pulo Gadung-Bundaran Senayan.

Acara peresmian dilakukan di Halte Monas Transjakarta. Sebelum meresmikan penambahan bus, Jokowi terlebih dahulu mengecek kesiapan seluruh bus produksi China tersebut yang terparkir di lapangan silang Monas.

Setelah dianggap siap, Jokowi kemudian menaiki salah satu bus bersama dengan para jajarannya dan awak media yang meliput.

Bus tersebut kemudian langsung melucur mengambil rute jalan Medan Merdeka Barat. Sampai di halte Monas, mantan walikota Solo itu turun. Dengan didampingi Kepala Dinas Perhubungan dan kepala Unit Pelayanan (UP) Transjakarta Pargaulan Butar-butar, langsung meresmikan penambahan bus pada dua rute berbeda tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, penambahan 30 unit bus Transjakarta koridor II Pulogadung-Bundaran Senayan dan Koridor III Kalideres-Bundaran Senayan dengan ini diresmikan," ujar Jokowi sambil membunyikan sirine tanda telah dilucurkannya 30 bus tersebut.

Jokowi mengatakan, ke 30 unit bus tersebut akan ditempatkan di rute Pulo Gadung-Harmoni-Bundaran Senayan sebanyak 15 unit. Sedangkan Kalideres-Harmoni-Bundaran Senayan ditempatkan sebanyak 15 unit.

Jokowi berharap, penambahan bus dapat mengurangi waktu tunggu bagi penumpang bus di halte.

"Sore ini langsung dioperasikan, ndak usah tunggu-tunggu. Supaya antrean masyarakat ndak sampai 15 menit, bisa 7 sampai lima menit, kalau busnya semakin banyak," jelas Jokowi.

Menurutnya, selain menambah bus pada dua rute tersebut, pada bulan ini, pihaknya akan menambah 29 unit bus lagi untuk koridor 9 dengan rute Pinang Ranti-Pluit. Ia mengatakan, penambahan bus akan terus dilakukan pada tiap rute Transjakarta secara bertahap.

"Terus ditambah pelan-pelan, sampai nanti jumlahnya 400 unit bus baru," kata Jokowi.

Setelah meresmikan 30 unit bus, Jokowi kemudian kembali naik ke bus tersebut. Namun kali ini Jokowi naik bus koridor I rute Blok M-Kota mengarah ke Blok M. Tetapi, Jokowi tak lama naik bus tersebut, sampai di halte Bank Indonesia, Jokowi turun dari bus dan memilih untuk naik mobilnya menuju kantor di Balaikota. (Ali/Yus)

Baca juga:

Jokowi: Jadi BUMD, Transjakarta Tetap Disubsidi
Jokowi-Ahok Beda Pendapat Soal Tarif Transjakarta
Tiket Transjakarta Disobek, Ketua DPRD DKI: Kuno Banget!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.