Sukses

Terduga Teroris Dayat Dikenal Ramah dengan Tetangga

Salah satu tersangka terduga teroris Dayat alias Daeng yang tewas saat penyergapan di sebuah rumah kontrakan di Jalan Jalan KH Dewantoro Gang H Hasan, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten ternyata dikenal ramah oleh para tetangganya.

Sartika (49) salah satu tetangga Dayat mengaku pernah bertemu dengan Dayat dan sempat berbincang. "Saya pernah ketemu sekali. Orangnya baik, ramah," kata Sartika saat ditemui di sekitar lokasi penggerebekan, Rabu (1/1/2014).

Sartika menuturkan, Dayat dan 5 orang lainnya diketahui mengontrak di salah satu rumah kontrakan milik kakak iparnya, Zaenab. Menurut Sartika, Dayat mengontrak di salah satu kamar rumah kontrakan tersebut. "Kamarnya kecil, satu ruangan, dapur sama kamar mandi," ucap Sartika.

Pada awal penggerebekan, Dayat bersama teman perempuanya sempat keluar dari kontarakan membeli makanan. Saat itulah polisi berusaha menangkap, namun mendapat perlawanan dari Dayat hingga terjadi baku tembak dengan polisi. Dayat akhirnya tewas setelah terkena 3 tembakan polisi. Sementara teman perempuannya melarikan diri.

Dalam penggerebekan yang berlangsung hampir 10 jam tersebut, 6 orang yang diduga terlibat dalam berbagai aksi terorisme tewas. Dayat lebih dulu tewas tertembus timah panas polisi pada Selasa 31 Desember 2013 malam saat melakukan perlawanan ketika akan ditangkap.

Polisi menyatakan identitas para terduga teroris itu adalah Daeng alias Dayat Hidayat, Nurul Haq alias Dirman, Oji alias Tomo, Rizal alias Teguh alis Sabar, Hendi, dan Edo alias Amril.

Di lokasi, polisi juga mengamankan 6 bom dan bahan peledak serta alat elektrobik perakit bom. Juga menyita 6 pucuk senjata api dan puluhan peluru serta uang ratusan juta yang diperkirakan mencapai Rp 200 juta dari sejumlah tas milik para terduga teroris. (Rmn/Yus)

Baca juga:
Keluarga 6 Terduga Teroris Diharapkan Datang ke RS Polri
Ketua RT Tempat Terduga Teroris Tinggal Mengaku Kecolongan
Polisi: Ada Kemiripan Bom `Sarang Teroris` Ciputat dan Bom Warteg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.