Sukses

[VIDEO] Kebun Binatang Surabaya Terkejam di Dunia?

Nanik si orangutan yang tewas akibat tumor usus besar serta gangguan hati. Leo seekor banteng Jawa juga mati karena luka di perut.

Kebun binatang terkejam sedunia ada di Indonesia? Setidaknya itulah yang diberitakan sebuah media Inggris mengenai buruknya pengelolaan Kebun Binatang Surabaya di Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (29/12/2013), sebanyak 50 satwa dilaporkan mati dalam 3 bulan terakhir. Media itu menyoroti buruknya penanganan satwa yang berujung tewasnya satwa-satwa itu. Salah kasus yang terakhir, gajah-gajah dirantai hingga terluka dan unta yang kurus kering.

Video yang dirilis Daily Mail menampilkan harimau putih kelaparan dan menderita sakit kulit, kandang pelikan yang kelebihan kapasitas, hingga satwa yang memakan plastik. Bahkan diberitakan pada tubuh jerapah mati ditemukan 20 kilogram plastik.

Memang tidak jarang matinya sejumlah koleksi KBS ramai diberitakan. Seperti Nanik si orangutan yang tewas akibat tumor usus besar serta gangguan hati. Leo seekor banteng Jawa juga mati karena luka di perut. Shanti seekor harimau putih, pun mati setelah lumpuh selama 3 tahun. Kendati demikian, pengelola KBS membantah tudingan itu. Pengelola berkilah, kematian koleksinya karena alasan alamiah.

Kepengurusan KBS pernah dilanda konflik panjang antar pengurusnya. Kini pengelolaannya dipegang pemerintah Kota Surabaya. Namun tudingan media Inggris itu dibantah pengelola KBS maupun Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Universitas Airlangga pun digandeng untuk membenahi KBS.

Hingga kini KBS memiliki lebih dari 3.400 koleksi hewan. Pemkot Surabaya berencana membangun sejumlah fasilitas, seperti sea world dan night zoo. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.