Sukses

[VIDEO] BMKG: Abu Vulkanik Sinabung Bahayakan Penerbangan

BMKG menilai hujan abu akan membahayakan penerbangan bila hembusan angin semakin kuat.

Aktivitas Gunung Sinabung terus meningkat, bahkan abu vulkanik juga menghujani Kota Medan yang jaraknya sekitar 80 kilometer dari lokasi. BMKG menilai abu vulkanik bisa membahayakan penerbangan.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (24/11/2013), Kota Medan, Sumatera Utara sempat dilanda hujan abu akibat letusan Gunung Sinabung selama 4 jam. Selain Kota Medan, Kota Binjai sebagian langkat hingga Deli Serdang juga dihujani abu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menilai hujan abu akan membahayakan penerbangan bila hembusan angin semakin kuat. Sejauh ini aktivitas penerbangan di Bandara Kualanamu masih normal.

"Hujan abu mulai terjadi sekitar pukul 07.00 WIB pagi tadi cukup berbahaya untuk penerbangan. Terutama jika dilihat dari hujan abu vulkaniknya," kata petugas BMKG Wilayah I Medan, Endah Paramita.

Gunung Sinabung diperkirakan mengalami sebanyak 9 kali erupsi. Warga yang berada di radius 5 kilometer diminta waspada dan mengungsi karena erupsi juga disertai hujan batu. Ratusan warga kawasan Sigaranggarang yang dilanda hujan batu dievakuasi ke titik pengungsian di Kota Kabanjahe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini