Sukses

Sutan Bhatoegana Akui Terima BlackBerry dari Nazaruddin

Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana pernah menerima sebuah telepon genggam BlackBerry saat Kongres Partai Demokrat di Bandung 2010.

Politisi Partai Demokrat Sutan Bhatoegana diperiksa penyidik KPK sebagai saksi dalam kasus Hambalang dengan tersangka mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Sebelum diperiksa, kepada media, Sutan mengakui pernah menerima sebuah telepon genggam BlackBerry saat Kongres Partai Demokrat di Bandung pada 2010. Alat komunikasi itu ia peroleh dari M Nazaruddin.

"Itu memang ada. Tapi saya tanyakan kepada Pak Nazar waktu saya diberi, ini untuk apa?" ujar Sutan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Saat itu, kata Sutan, Nazaruddin yang menjabat Bendahara Umum Partai Demokrat itu menjelaskan, BlackBerry itu diberikan sebagai alat komunikasi khusus bagi peserta kongres yang mendukung Anas.

"Termasuk saya, kenapa begitu? Saya tidak tahu lah kalau begitu," kata Ketua Komisi VII DPR ini.

Kendati telah menerima, hingga saat ini Sutan menyatakan tidak tahu mengenai asal-usul uang yang digunakan Nazaruddin untuk membeli ponsel yang diduga juga dibagikan ke peserta kongres lain.

"Itu tidak tahu saya. Kalau soal dana-dana, saya tidak tahu," imbuhnya. (Mvi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.