Sukses

Malam 1 Suro, Ribuan Warga Solo Berebut Air Cucian Pusaka Keraton

Ribuan warga Solo, Jawa Tengah, memadati Keraton Mangkunegaran.

Ribuan warga Solo, Jawa Tengah, memadati Keraton Mangkunegaran. Mereka tengah menyaksikan kirab pusaka yang digelar untuk menyambut malam 1 Suro atau 1 Muharram. Sejumlah benda pusaka, seperti tombak dan baju Sri Paduka Mangkunegara I dimandikan dengan air kembang.

Benda-benda itu kemudian diarak mengelilingi kompleks Pura Mangkunegaran sebanyak 7 kali, Selasa (5/11/2013). Warga sengaja datang untuk berebut air bekas cucian atau jamasan beberapa pusaka itu. Mereka rela berdesak-desakan dan terinjak-injak.

Begitu pusaka terakhir 'joli' dibawa keluar dari Pura Mangkunegaran, ribuan warga yang telah menunggu pun merangsek masuk. Bahkan banyak di antaranya yang merupakan manula.

Mereka sekadar ingin mendapatkan setetes air atau pun selembar kembang mawar. Sementara tak sedikit juga yang harus memunguti sisa air atau kembang yang tercecer.

Air sisa jamasan itu dipercaya dapat memberikan berkah dan kesehatan. Dalam waktu singkat, air di dalam 3 wadah ukuran besar yang terletak di samping meja habis dilibas warga. Mereka berusaha memasukkkan air ke dalam botol yang telah mereka persiapkan sebelumnya. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.