Sukses

Jalani Uji Kelayakan Dubes RI, Foke Bawa PPI Jerman `Tandingan`

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman menolak usulan pemerintah untuk menjadikan Foke sebagai Dubes RI untuk Jerman.

Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jerman menolak mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo alias Foke menjadi Duta Besar RI untuk Jerman. Saat uji kepatutan dan kelayakan, Foke membawa PPI Jerman 'tandingan'.

Foke membawa mantan ketua PPI Jerman cabang Bremen periode 2010-2012, Aulia Rachman. Meski tak lagi menjadi ketua, Aulia mengaku masih berstatus sebagai pelajar di Bremen, Jerman. Aulia mengaku tak menolak Foke sebagai Dubes RI untuk Jerman seperti para pengurus PPI Jerman lainnya.

"Di sini ada beberapa poin. Bagi saya tidak ada masalah siapapun yang jadi kedubes. Yang penting dapat memegang 5 poin yang akan saya paparkan," ungkap Aulia saat ditemui di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Rabu (18/9/2013).

Adapun 5 poin yang dimaksud Aulia, yakni yang pertama adalah meningkatkan kinerja Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Jerman. Yang kedua, memperhatikan kesejahteraan mahasiswa dan masyarakat indonesia di Jerman. Ketiga meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Jerman.

"Keempat melakukan transfer knowledge antara Jerman ke Indonesia. Terakhir, memperhatikan para pelajar dan mahasiswa Indonesia di Jerman," kata Aulia.

Aulia pun mengimbau agar PPI Jerman atau para pelajar yang saat ini tinggal di Jerman untuk tidak terlalu jauh untuk ikut campur terkait kebijakan pemerintah pusat Indonesia. Terutama dalam kebijakan menjalin hubungan antara Indonesia dengan Jerman. Yang terpenting pemerintah Indonesia memperhatikan pelajar dan mahasiswa Indonesia di Jerman.

"Kalau bisa, menurut saya, mahasiwa jangan terlalu ikut campur dalam masalah-masalah yang mereka tidak perhatikan," tegas Aulia.

Terkait kualitas dan kapabilitas Foke untuk menjadi Dubes RI di Jerman, menurut Aulia, hal itu sepenuhnya ada di tangan DPR dan Pemerintah Pusat. Ia hanya berharap Foke bisa memperhatikan Warga Negara Indonesia (WNI) di Jerman. "Itu urusan DPR soal layak atau tidak, saya hanya berharap dia bisa memperhatikan WNI di sana," tutup Aulia. (Riz/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PT PPI adalah sebuah BUMN yang bergerak dalam bidang perdagangan baik dalam maupun luar negeri.

    PPI

  • Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa
    Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa

    Jerman