Sukses

Direktur Indoguna: Importir di Kementan Harus Sumbang PKS

Juard mengaku tahu perusahaan-perusahaan mana saja yang turut memberikan sumbangan seperti dilakukan PT Indoguna ke PKS

Direktur PT Indoguna Utama, Juard Effendy, mengungkapkan, setiap importir yang berkaitan dengan Kementerian Pertanian harus memberikan sumbangan kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jika partai tersebut menggelar mengadakan acara.

Juard beranggapan, hal tersebut pun sebuah kewajaran jika ingin memiliki hubungan dengan Kementerian yang dipimpin oleh Suswono yang juga merupakan kader PKS.

"Di kalangan pengusaha sudah bukan hal yang rahasia, jika di setiap kementerian, kalau partainya mau mengadakan hajatan atau munas, mau tidak mau kita harus berpartisipasi," kata Juard di pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Bahkan, Juard mengaku mengetahui perusahaan-perusahaan mana saja yang turut memberikan sumbangan seperti dilakukan PT Indoguna setiap PKS menggelar hajatan.

"Saya tidak berani sebut. Tapi ada (perusahaan penyumbang acara PKS)," jawab Juard saat ditanya jaksa mengenai perusahaan pemberi sumbangan.

Sebelumnya, Direktur PT Indoguna lain yang juga dihadirkan menjadi saksi, Arya Abdi Effendy, mengungkapkan bahwa perusahaannya pernah memberikan sumbangan pada acara Musyawarah Nasional Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pada 2012.

"Kami pernah memberikan US$ 10 ribu untuk Munas PKS tahun 2012," ujar Arya.

Namun, saat ditanya majelis hakim kepada siapa dirinya memberikan uang tersebut, Arya mengaku tidak ingat. Ia hanya mengatakan pemberian itu dilakukan di kantor Kementerian Pertanian.

"Kepada kader PKS, tapi saya lupa posisinya, jika tidak salah namanya Arjuna, saya tidak ingat namanya. Uangnya di dalam tas," jawab Arya ketika ditanya hakim. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.