Sukses

[VIDEO] Vanny Bongkar `Skandal` Lapas, Efektifkah Sidak?

Vanny Rossyane mengaku mudah berhubungan seks dan pesta sabu dengan sang kekasih, Freddy Budiman, di Lapas Narkotika Cipinang Jakpus.

Vanny Rossyane yang mengaku mudah berhubungan seks dan pesta sabu dengan sang kekasih, Freddy Budiman, di Lapas Narkotika Cipinang Jakarta Pusat, menghentakkan dunia hukum Indonesia. Padahal, Wamenkumham Denny Indrayana saat ini tengah gencar melakukan sidak ke sejumlah lapas.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (26/7/2013), tembok tinggi dan angkernya penjara tak membuat narapidana di dalamnya gentar melakukan tindak kejahatan.

Seperti di Lapas Khusus Narkoba ini, ternyata malah menjadi salah satu tempat pengendalian bisnis narkoba. Freddy Budiman, terpidana mati atas kasus narkoba ini malah kedapatan memesan lebih 1 juta pil ekstasi dari China yang membuatnya menerima vonis mati.

Tak hanya itu, bahkan Vanny merilis foto di salah satu ruangan LP yang diakuinya sebagai tempat untuk menggunakan sabu dan berhubungan badan dengan Freddy.

Walau awalnya dibantah, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana mengaku pihaknya yang beberapa kali mengadakan sidak atau inspeksi mendadak ke beberapa lapas sedikit membawa hasil.

"Karena ini hanya dengan satu metode yaitu hanya dengan sidak, blusukan. Nggak cukup itu memang. Disebut pencitraan ya nggak apa-apa, kami jalan lagi. Kenapa sekarang lapas narkotik ditemukan banyak narkoba di lapas? Karena memang sedang dicari gencar, dengan BNN dan polisi," kata Denny.

Penjara sejatinya adalah tempat bagi seseorang untuk menyadarkan akan kejahatannya dan siap kembali ke masyarakat. Pengawasan tampaknya harus terus ditingkatkan agar fungsi penjara bisa tegak kembali dan tidak mudah dikendalikan hanya dengan uang semata. (Ali/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini