Sukses

VIDEO: Demi UN, Anak Pedalaman Menapak 15 KM

Ujian penuh kontroversi dan membayangkan anak pedalaman yang harus mengerjakan soal yang sama dengan anak di kota besar.

Pada Senin 6 Mei luas, giliran siswa sekolah dasar (SD) menjalani Ujian Nasional. Ujian penuh kontroversi dan membayangkan anak pedalaman yang harus mengerjakan soal yang sama dengan anak di kota besar. Seperti yang harus dialami suku Anak Dalam di pedalaman Jambi.

Menyusuri kawasan hutan Taman Nasional Bukit 12 Jambi, inilah anak-anak dari suku Anak Dalam. Sejauh 15 km, mereka menembus jalan setapak. Bukan untuk mencari kayu, namun untuk belajar mempersiapkan UN.

Meski mungkin tidak adil, soal UN sama dengan mereka yang di kota besar. Anak-anak dari suku Anak Dalam di Jambi ini, tetap bersemangat meraih mimpi. 2 Jam perjalanan Bismar dan teman-temannya sampai di sekolah sederhana ini.

Suku Anak Dalam ini bukan siswa biasa. Dibutuhkan kesabaran untuk mengajar mereka.

Lain suku Anak Dalam, lain siswa di Salatiga, Jawa Tengah ini yang tak memiliki tempat belajar bersama. Halaman masjid pun tidak menjadi masalah. Mereka mempersiapkan UN dengan baik. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini