Sukses

Anies Sembelih Sapi Kurban: Saya Membayangkan Bagaimana Rasanya Menjadi Nabi Ibrahim

Anies mengaku, selalu menyembelih hewan kurban miliknya sendiri. Dia pun berharap, hewan kurban yang disembelihnya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkurban sapi di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Masjid tersebut dekat dengan kediamannya.

Pantauan merdeka.com, sapi jenis Limosin dengan berat satu ton berwarna cokelat ini disembelih Anies sendiri. Sejumlah panitia kurban pun turut membantu memegang sapi berukuran besar tersebut.

Tahap demi tahap dilakukan panitia untuk merobohkan sapi itu, mulai dari mengikat tanduknya, hingga melilitkan tali pada bagian kakinya. 

Selanjutnya, Anies pun mendekati sapi tersebut dan bersiap untuk langsung menyembelihnya. Anies mengaku, membayangkan sosok Nabi Ibrahim AS saat menyembelih hewan kurbannya sendiri.

"Saya membayangkan bagaimana rasanya menjadi Ibrahim. Ketika yang diletakkan adalah anak kandungnya yang sudah ditunggu begitu lama, proses itu adalah sebuah proses keikhlasan yang luar biasa," kata Anies di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta, Senin (17/6/2024).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengungkapkan, dia selalu membayangkan Nabi Ibrahim saat memegang pisau untuk memotong hewan kurban.

"Saya setiap kali pegang pisau pemotong, sambil menunggu waktu untuk melakukan pemotongan, selalu yang terbayang, gimana rasanya jadi Ibrahim ketika pegang pisau dan tahu yang akan dipotong bukan hewan tapi anak kandung," ungkapnya.

"Sebuah mukjizat, kemudian anak kandung itu diganti dengan kambing domba, itu perasaan yang selalu ada setiap kali proses. Tapi Alhamdulillah, berjalan lancar," sambung Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyembelih Sendiri

Anies mengaku, selalu menyembelih hewan kurban miliknya sendiri. Dia pun berharap, hewan kurban yang disembelihnya bisa bermanfaat untuk masyarakat. 

"Saya memang di sini biasa mengerjakannya sendiri. Jadi Alhamdulillah tadi sudah tuntas dan mudah-mudahan apa yang kita niatkan nanti bisa diterima, bisa menjadi manfaat bagi masyarakat banyak," sebutnya.

Anies mengatakan, tahun lalu ia tidak menyembelih sendiri, sebab sedang melaksanakan ibadah haji.

"Iya, tahun lalu enggak. Karena tahun lalu haji, tapi tahun-tahun sebelumnya saya biasa motong sendiri di sini. Jadi, ini perjalanan masa kami dulu tumbuh besar ya, jadi dulu ayah saya melakukannya," jelasnya.

"Saya biasanya menemani ikut, dan sekarang ketika kami mendapatkan kesempatan untuk berkurban saya meneruskan kebiasaan itu. Mudah-mudahan anak-anak nanti bisa nerusin, sekarang mereka nonton sekarang," pungkas Anies.

3 dari 4 halaman

Anies Baswedan Ajak Umat Islam Teladani Keluarga Nabi Ibrahim di Momen Idul Adha

Mantan calon presiden (capres) Anies Baswedan melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijiriah di Masjid Babul Khoirot, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (17/6/2024). Ia datang bersama keluarganya mulai dari ibu, istri, menantu, dan tiga putranya.

"Alhamdulillah pagi hari ini kami sekeluarga baru saja menyelesaikan Salat Idul Adha bersama-sama di Masjid Babul Khoirot di Lebak Bulus bersama dengan warga di sini," kata Anies.

Pada momen Idul Adha 2024 ini, Anies mengajak semua umat Islam untuk mendoakan mereka yang beribadah haji di tanah suci sekaligus meminta doa dari para jemaah haji agar mendoakan yang di Tanah Air.

"Kita semua mendoakan supaya saudara-saudara kita yang sedang ibadah haji diberikan kesehatan, dimudahkan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dan Insyaallah kembali dalam keadaan haji mabrur," katanya.

"Kita juga berharap pada saudara-saudara kita yang sedang haji doakan kami di tanah air sehingga selalu aman, tentram, damai dan sejahtera," ujarnya.

Lebih lanjut Anies juga mengajak semua umat muslim agar meneladani dan mengambil hikmah dari keluarga Nabi Ibrahim AS. Mulai dari bagaimana beliau menjalani kehidupan serta mendidik anaknya Nabi Ismail AS.

"Nabi Ibrahim AS dan Siti Hajar mendidik seorang anak bernama Ismail sehingga memiliki derajat ketaqwaan yang begitu tinggi di usia amat belia, sehingga apapun yang menjadi tuntutan, perintah, dilaksanakan tanpa ada reservasi," kata Anies.

4 dari 4 halaman

Anies Baswedan Berkurban Sapi di 3 Daerah saat Idul Adha

Anies Baswedan berkurban sapi di tiga lokasi yakni Jakarta, Yogyakarta, dan Kuningan, Jawa Barat saat Idul Adha tahun ini.

"Nanti akan ada rangkaian, kami akan menyerahkan hewan kurban di sini di Masjid Babul Khoirot. Jadi kami kurban di Yogyakarta, Kuningan, dan juga di Babul Khoirot ini dan ada beberapa tempat lain," ujar Anies usai melaksanakan Salat Idul Adha di Jakarta, Senin, (17/6/2024).

Di Jakarta, Anies berkurban sapi di Masjid Babul Khoirot, Lebak Bulus, Jakarta Selatan sekaligus melaksanakan Salat Id. 

"Kita semua mendoakan supaya saudara-saudara yang sedang ibadah haji mereka semua diberikan kesehatan, dimudahkan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dan insya Allah kembali dalam keadaan haji mabrur," kata Anies.

Selain itu, ia pun ingin pada lebaran tahun ini dapat mengambil hikmah serta pelajaran dari peristiwa yang dialami oleh keluarga Nabi Ibrahim AS.

 

 

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini