Sukses

Heru Budi: Jakarta Fair Jadi Ajang Promosikan Keunggulan Industri Lokal

Menurut Heru, Jakarta Fair 2023 lalu telah menghasilkan transaksi ekonomi sebesar Rp7,3 triliun dengan total pengunjung sebanyak 6 juta orang hanya dalam waktu 33 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri pembukaan Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024) malam.

Dalam sambutannya, Heru mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang telah hadir secara langsung dalam pembukaan Jakarta Fair 2024.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak yang telah hadir memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2024 sebagai rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-497," kata Heru.

Heru menyampaikan, Jakarta Fair punya sejarah panjang yang mengakar dalam budaya Jakarta. Jakarta Fair, kata dia, berawal dari pameran kecil di kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Jakarta Fair kini bertransformasi menjadi ajang pameran modern di Kemayoran, panggung berbagai produk unggulan Indonesia," ujar Heru.

Menurut Heru, pada 2023 silam, penyelengaraan Jakarta Fair telah diikuti oleh 2.500 peserta pameran yang terdiri dari para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pelaku usaha swasta.

"Dalam waktu 33 hari penyelenggaraan telah menghasilkan transaksi ekonomi sebesar Rp7,3 triliun dengan total pengunjung sebanyak 6 juta orang," kata dia.

Adapun penyelenggaraan Jakarta Fair 2024 mengangkat tema 'Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Indonesia dan Mampu Bersaing di Pasar Dunia'.

"Tema ini menekankan peran kota Jakarta sebagai katalisator ekonomi Indonesia dan mendukung transformasi menuju kota global," kata Heru Budi.

Ke depan, lanjut Heru, Jakarta Fair diharapkan terus menjadi sarana bagi Jakarta untuk mempromosikan keunggulan dan inovasi industri lokal dengan kualitas internasional.

"Partisipasi perusahaan dan pelaku usaha dari berbagai negara dalam event Jakarta Fair terbukti nyata memberikan kontribusi pada perekonomian Indonesia dan menciptakan peluang kerjasama internasional," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Buka Jakarta Fair 2024

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pembukaan Jakarta Fair 2024 di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2024).

Jokowi mengatakan Jakarta Fair merupakan event tahunan yang ditunggu oleh masyarakat Jabodetabek dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta.

"Jakarta Fair sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta, dan juga warga Jabodetabek serta Indonesia," kata Jokowi saat pembukaan, Rabu.

Menurut dia, masyarakat bisa mendapatkan hiburan sekaligus berbelanja dengan harga terjangkau di Jakarta Fair 2024. Tak hanya itu, Jokowi menyebut Jakarta Fair juga menyediakam berbagai kuliner, wahana permainan, hingga konser.

"Di Jakarta Fair di Pekan Raya Jakarta ini masyarakat bisa mendapatkan hiburan dan juga belanja dengan harga yang terjangkau, baik itu kuliner, beragam kuliner, juga ada di sini wahana permainan, ada parade karnaval, ada konser. Inilah yang menarik dari Jakarta Fair," jelasnya.

Jokowi mengatakan Jakarta Fair sudah digelar selama 55 kali. Pada tahun 2023 lalu, Jakarta Fair Kemayoran dikunjungi oleh 6 juta pengunjung.

"Artinya sudah sebuah event yang secara rutin diselenggarakan dari tahun ke tahun dan ini adalah yang ke-55. Dan tahun lalu dikunjungi lebih dari 6 juta pengunjung. Ini juga sebuah prestasi yang luar biasa karena dikunjungi 6 juta pengunjung lebih ke Jakarta Fair," tutur Jokowi.   

3 dari 3 halaman

4 Rute Baru Transjakarta Menuju Lokasi Jakarta Fair

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan sejumlah transportasi umum yang dapat digunakan masyarakat untuk menuju ke area Jakarta Fair 2024 yang akan dibuka mulai 12 Juni mendatang.

Pemprov DKI membuka empat rute khusus bus transjakarta yang menuju area Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rute tersebut di antaranya:

• Rute PRJ 1 : Cilitan - JIEXPO Kemayoran

• Rute PRJ 2 : Matraman Baru - JIEXPO Kemayoran

• Rute PRJ 3 : Pulo Gadung 1- JIEXPO Kemayoran

• Rute 2 C : Balai Kota – JIEXPO Kemayoran

Kepala Biro Kerja Sama Daerah (Karo KSD) Pemprov DKI Jakarta, Marulina Dewi, mengatakan pihaknya memberikan dukungan penuh untuk Jakarta Fair 2024. Salah satu dukungannya dalam bentuk manajemen lalu lintas.

"Supaya pengunjung nyaman dan kita bekerja sama dengan Dinas Perhubungan. Kita siapkan 4 rute baru Transjakarta dan kita layani sampai pukul 00.00 WIB," kata Marulina di Gedung Niaga, JIExpo, Kamis (6/6).

Ia mengatakan, Jakarta Fair 2024 punya dampak ekonomi yang besar untuk Jakarta. Terbukti pada gelaran tahun lalu, perputaran uang di Jakarta Fair menembus Rp7,3 triliun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini