Sukses

Deretan Aset Suami Sandra Dewi Harvey Moeis yang Disita Kejagung: Dari Rolls Royce hingga Mini Cooper

Suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis diduga turut terlibat dalam dalam pusaran kasus korupsi Timah dalam kurun waktu 2015 hingga 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Suami artis Sandra Dewi, Harvey Moeis diduga turut terlibat dalam dalam pusaran kasus korupsi Timah dalam kurun waktu 2015 hingga 2022.

Sosok Harvey yang memang dikenal sebagai pengusaha yang tajir melintir dengan berbagai harta kekayaannya justru menambah daftar baru tersangka korupsi. Selain dia ada juga Crazy Rich asal PIK, Helena Lim yang bersamaan ditetapkan tersangka dan langsung silakan penahanan.

Penetapan tersangka itu menyasar dengan sejumlah barang mewah yang dimiliki oleh Harvey menjadi sitaan oleh

Penyidik Jaksa Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) yang menangani perkara tersebut menyatroni kediaman Harvey yang diketahui di kawasan Pakubowono, Jakarta Selatan, pada Senin (1/4) kemarin.

Hasilnya, beberapa aset mewah milik Harvey disita oleh penyidik dalam rangka pengusutan korupsi Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rolls Royce

Di antaranya kendaraan mewah Rolls Royce tipe Rolls-Royce Ghost Extended Wheelbase 2013.

Belakangan diketahui, kalau mobil megah nan-mewah itu merupakan kado Harvey untuk ultah sang Istri ke-40, Sandra Dewi.

Mobil tersebut diangkut oleh penyidik dan langsung dibawa ke gedung Kejagung pada Senin (1/4) malam hari.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Banten, data kendaraan sesuai dengan pelat nomor Rolls Royce yang dipamerkan Sandra Dewi di Instagram adalah mobil Rolls-Royce Ghost Extended Wheelbase tahun 2013 dengan mesin 6.592 cc.

Namun, ternyata berdasarkan data pelat nomor tersebut, Rolls Royce dengan pelat nomor yang terkait dengan Sandra Dewi belum bayar pajak.

Pajak seharusnya dibayarkan paling lambat pada tanggal 4 Maret 2024. Total pajak dan denda yang harus dibayarkan mencapai Rp 101.960.000

Selain itu, mobil mewah tersebut juga terdaftar atas nama perusahaan.

3 dari 4 halaman

Mini Cooper

Selain Rolls Royce, penyidik Kejagung juga turut menyita kendaraan mewah lainnya yakni Mini Cooper S Countryman F 60 berwarna merah.

"Betul (Rolly Royce Harvey disita) dan Minicooper," kata Direktur Penyidikan Jampidsus, Kuntadi saat dikonfirmasi, Senin (2/4).

Diketahui, mobil tersebut senilai Rp1,5 miliar.

4 dari 4 halaman

Jam Tangan

Penyidik Kejagung juga sempat menyita sejumlah jam tangan mewah pada saat menggeledah kediaman Harvey.

Barang sitaan itu kemudian langsung dibawa penyidik untuk diteliti dugaan keterkaitannya dengan korup timah Harvey.

Sementara itu, masih ada beberapa aset mewah lain milik pengusaha ningrat itu, seperti pesawat Jet Pribadi, Mobil Ferarri, Rumah, dan masih ada berbagai aset lain yang dimiliki.

Hanya saja tidak semua aset itu bakal dilakukan penyitaan sepanjang tidak ada keterkaitannya dengan hasil yang didapat dari rasuah tambang Timah.

Sejauh ini, Kejagung telah menetapkan 16 tersangka dari kasus tata niaga Timah. Nama Harvey Moeis dan Helena Lim menjadi penyumbang baru dari dari kasus korupsi yang terjadi rentang waktu 2015 hingga 2022 dan telah membuat rugi negara hingga triliunan.

Sumber: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.