Sukses

Longsor di Pemukiman Padat Penduduk Kota Bogor, 1 Orang Tewas

Longsor terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/3/2024) malam. Dua orang tertimbun longsor di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Longsor terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/3/2024) malam. Dua orang tertimbun longsor di Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah.

Satu korban atas nama Titin Sudaryatin (60) ditemukan meninggal dunia akibat tertimbun material bangunan rumah. Sementara satu korban lainnya atas nama Sudarjatin masih hilang.

"Jasad Ibu Titin sudah dievakuasi ke RSUD Kota Bogor," ujar Lurah Sempur Andri Yunizar, Senin (25/3/2024).

Hingga pukul 01.00 WIB, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap korban Sudarjatin. Namun, tim sudah mendeteksi titik lokasi korban tertimbun.

"Tapi tubuh korban sudah terdeteksi, sedang proses evakuasi," ucap Andri.

Andri mengatakan longsor di pemukiman padat penduduk terjadi pada Minggu (24/3/2024) sekitar pukul 21.15 WIB, saat wilayah ini diguyur hujan deras.

Empat rumah roboh terbawa longsoran dan dua unit rumah yang ada di bawahnya rusak parah tertimpa longsoran.

"Rumah dalam keadaan rusak atau terdampak milik Ujang ketua RT02/07 dan rumah milik Yadi," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG Sudah Prediksi Akan Hujan

Langit wilayah DKI Jakarta pagi hari ini, Minggu (24/3/2024), diprediksi cenderung berawan, kecuali Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu yang diperkirakan turun hujan. Demikian prakiraan cuaca hari ini untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, hujan dengan intensitas ringan tetap mengguyur wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari. Sementara wilayah Jakarta lainnya tetap berawan.

Sementara wilayah penyangga Jakarta, yakni Bekasi, Depok, dan Bogor Jawa Barat juga diprediksi akan turun hujan ringan pada siang dan malam nanti. Sementara pada pagi harinya, ketiga wilayah tersebut diprediksi berawan.

"Waspada potensi terjadinya hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal antara siang hingga malam di sebagian wilayah Kab Karawan, Kab Bekasi, Kab dan Kota Bogor, Kab Cianjur, Kab dan Kota Sukabumi," demikian peringatan dini dikutip dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id.

Sementara di Kota Tangerang, Banten, cuaca berawan diperkirakan akan terjadi sepanjang hari ini.

 

3 dari 3 halaman

Awal Musim Kemarau Diprediksi Terjadi April 2024

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim kemarau di Indonesia dimulai pada April 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa awal musim kemarau terjadi seiring dengan aktifnya angin timuran atau Monsun Australia di bulan keempat.

"BMKG memprediksi awal musim kemarau terjadi seiring aktifnya Monsun Australia pada April 2024," kata Dwikorita dalam konferensi pers secara daring, Jumat 15 Maret 2024.

Dwikorita menyatakan, awal musim kemarau akan dimulai dari wilayah NTT, NTB, Bali, lalu wilayah Jawa. Wilayah Indonesia bagian lain akan mengalami musim kemarau pada periode Mei hingga Agustus 2024.

Secara rinci, 90 zona musim (ZOM) atau 13 persen dari total 699 ZOM, diprediksi akan memasuki musim kemarau pada April 2024.

Wilayah yang masuk dalam 90 ZOM itu meliputi sebagian Bali, NTB, NTT, pesisir utara dari Banten, Jakarta, dan Jawa Barat (pesisir utara Jawa), dan bagian pesisir Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini