Sukses

Lewat Kuliah Umum, Delegasi Ukraina Ungkap Pentingnya Perkaya Bahasa Ukraina-Indonesia

Vasyl Ivanovich Hamianin, Duta Besar Ukraina di Indonesia dan segenap delegasi Ukraina hadiri acara Guest Lecture di President University.

Liputan6.com, Jakarta - Vasyl Ivanovich Hamianin, Duta Besar Ukraina di Indonesia dan segenap delegasi Ukraina hadiri acara Guest Lecture di President University yang diadakan dalam konteks mempererat hubungan internasional dan interaksi budaya antara Indonesia dan Ukraina.

Acara interaksi antar budaya ini diupayakan untuk saling memberikan manfaat dan pemahaman lebih dalam terkait linguistik, historis, maupun budaya antara Indonesia dan Ukraina.

Handa Abidin, Rektor President University mengungkapkan bahwa President University mendukung upaya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia, termasuk melalui kerja sama internasional, dengan mengedepankan interaksi budaya antara Indonesia dan Ukraina sebagai salah satu langkahnya.

“Diplomasi menjadi salah satu jalan yang dapat ditempuh untuk kolaborasi. Salah satu bentuk program diplomasi yang dapat dihasilkan antar negara meliputi kerjasama pendidikan, kebudayaan dan menjalin hubungan erat,” kata Vasyl pada Kamis (21/3/2024).

Vasyl menyebutkan, saling mendekatkan diri dan mendalami pemahaman tentang kekayaan budaya masing-masing menjadi awal yang baik untuk menggali potensi kolaborasi ke depan.

Dalam acara yang dihadiri mahasiswa Hubungan Internasional dan Hukum Internasional President University itu Vasyl juga menyampaikan terbukanya potensi kolaborasi walau saat ini situasi di Ukraina masih belum stabil.

“Program pembelajaran jarak jauh dapat menjadi alternatif untuk kerja sama untuk memberikan pemahaman bagi pelajar Indonesia yang tertarik untuk mengenal dan memiliki ketertarikan lebih lanjut terkait budaya Ukraina,” kata Vasyl dalam keterangan diterima.

Vasyl juga menyampaikan bahwa program pertukaran pelajar secara luring dapat dilakukan dengan pemilihan tempat di daerah yang lebih aman, khususnya di sekitar perbatasan barat.

“Peluang kolaborasi ini membawa potensi besar untuk mencapai tujuan yang diinginkan.” lanjutnya.

Manajer Hubungan Internasional India dan Indonesia di The Ukrainian Institute, Yulia Mykulych, salah satu delegasi dari Ukraina yang turut hadir dalam acara eksplorasi budaya tersebut membagikan kisah dan kecintaannya dengan budaya Indonesia.

“Saya sangat suka Bahasa Indonesia, bahkan di Ukraina terdapat jurusan sastra dan bahasa Indonesia.” tutur Yulia.

Yulia menyampaikan bahwa saat ini ia sedang menempuh pendidikan doktoralnya dan menjadi orang pertama yang mengambil S3 mengenai sastra dan bahasa Indonesia di Ukraina.

“Walau banyak serangan dan deportasi yang sedang terjadi di Ukraina, tidak menutup langkah saya untuk dapat belajar dan lebih mengenal budaya Indonesia. Saya pernah mengikuti darmasiswa di Universitas Padjadjaran.” ungkap Yulia.

Yulia memperkenalkan Ukrainian Institute sebagai sebuah organisasi publik yang mempromosikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang Ukraina secara internasional dan mengembangkan hubungan antara Ukraina dan negara-negara lain menggunakan alat diplomasi publik dan budaya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama Bilateral Melalui Bidang Seni

Yulia menekankan bahwa salah satu cara untuk memperkuat kerja sama bilateral adalah melalui bidang seni. Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya memiliki kesamaan dengan Ukraina.

“Kita dapat memperkuat hubungan lintas budaya antara Indonesia dan Ukraina serta memperkaya keragaman budaya yang ada,” Ungkap Yulia.

Lebih lanjut kata Yulia, “Sama seperti Indonesia yang memiliki Bhineka Tunggal Ika, kami di Ukraina juga memiliki beragam nilai kebudayaan, nilai bahasa, dan nilai seni. Namun, walau memiliki kebudayaan yang beragam kami memiliki nilai persatuan.”

Sesi berbagi perspektif tersebut diakhiri dengan ungkapan harapan dari Yulia agar di masa depan dapat dibuka peluang kerja sama baru. “Semoga langkah-langkah ke depan dapat membawa kemajuan yang lebih besar dalam mempromosikan kesadaran akan warisan budaya Ukraina dan meningkatkan kolaborasi yang berkelanjutan antara kedua negara.” jelas Yulia.

Yulia dan Delagsi Ukraina berharap bahasa dan budaya Ukraina juga bisa menjadi bidang studi baru di Indonesia, terutama di President University.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.