Sukses

Kebakaran di Gudang Lazada Jakarta Barat Sudah Padam, Damkar Sedang Proses Pendinginan

Petugas kebakaran mengalami hambatan dalam mengakses air untuk kebutuhan mobil pemadam. Hal ini karena letak sumber air yang jaraknya lumayan jauh.

Liputan6.com, Jakarta - Api yang melumat Gudang Lazada di Pesing Poglar, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat  dinyatakan telah padam.

Kapusdatin BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan mengatakan, api berhasil dilokalisir setelah petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat bersama instansi terkait berjibaku selama hampir 1,5 jam.

"Pada pukul 23:20 WIB sudah proses pendinginan itu untuk memastikan tidak ada api dan potensi api yang masih ada," kata Yohan dalam keterangan tertulis, Jumat (22/4/2024).

Terpisah, Kasi Ops Gulkarmat Jakarta Barat, Syarifudin menjelaskan, area yang terbakar merupakan gudang milik Lazada. Diakuinya, petugas sempat kesulitan dalam memadam api karena banyak barang yang mudah terbakar.

"Situasi sekarang masih dalam pendinginan, kebakaran sudah berhasil di lokalisir namun kita masih kendala dalam penuntasan, materi yang terbakar cukup banyak dan bahan-bahan yang mudah terbakar dan sulit dipadamkan," ucap dia.

Selain itu, petugas juga mengalami hambatan dalam mengakses air untuk kebutuhan mobil pemadam. Hal ini karena letak sumber air yang jaraknya lumayan jauh.

"Kolam pun agak jauh yang dekat agak sulit," ujar dia.

Belum diketahui kerugian yang harus ditanggung oleh pihak Lazada akibat kebakaran ini. Begitupun penyebab munculnya api. "Masih dalam penyidikan," tandas dia

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

17 Unit Damkar Dikerahkan

Kebakaran hebat melanda kawasan Gudang Pesing Poglar, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar) pada Kamis (21/3/2024) malam.

Menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, api pertama kali muncul pada pukul 22.00 WIB. Adapun objek yang terbakar adalah gudang milik Lazada.

"Obyek terdampak gudang Lazada," kata Kapusdatin BPBD DKI Jakarta Mohamad Yohan dalam keterangannya, Kamis (21/3/2024).

Yohan mengatakan, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat telah menurunkan 17 unit mobil pemadam. Selain itu, sejumlah instansi juga turut terlibat dalam proses penanganan kebakaran.

"1 Unit TRC BPBD, 1 Unit PMI, 1 Unit AGD Dinkes, 1 Unit Dishub, 1 Unit Satpol PP, 1 Unit PLN, Personil PSKB/Tagana Dinsos, Personil Polsek dan Personil Koramil," ujar dia.

Belum diketahui penyebab kebakaran Gudang Lazada, termasuk soal kemungkinan adanya korban jiwa maupun luka dalam insiden itu. Yohan menyebut, proses pemadaman masih berlangsung. "Masih proses pemadaman oleh Sudin Gulkarmat. Korban dan estimasi kerugian dalam pendataan," ucap dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini