Sukses

Surya Paloh Sudah Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Ini Kata Anies Baswedan

Anies menyebut paslon maupun parpol pengusung tengah menempuh proses konstitusional. Anies menyebut, semua jalur yang diambil bertujuan untuk menjaga proses demokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan, menanggapi soal Partai NasDem yang menyatakan telah menerima hasil Pemilu 2024 yang telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Bahkan, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh juga telah mengucapkan selamat kepada capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka usai ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres 2024.

"Parpol juga memiliki sikap yang harus dihormati. Jadi kami menghormati, menghargai," kata Anies di Markas Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Saat ini, lanjut Anies paslon maupun parpol pengusung tengah menempuh proses konstitusional. Anies menyebut, semua jalur yang diambil bertujuan untuk menjaga proses demokrasi.

"Kita juga menghormati langkah yang diambil oleh semua partai-partai lain dan harapannya nanti kita akan melihat demokrasi kita lebih baik," kata dia.

Meski begitu, Anies menegaskan ia bakal tetap teguh berada di jalan perubahan. Hal tersebut, kata Anies guna menjaga proses demokrasi tetap berjalan dengan baik.

"InsyaAllah kita terus sejalan di dalam mengusung gagasan perubahan untuk demokrasi yang lebih baik. Jadi di aspek itu kita bersama-sama dan kita saling menghormati," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surya Paloh Terima Hasil Pemilu

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah membacakan hasil rekapitulasi pada Rabu (20/3/2024) malam.

Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menyatakan, jika partainya telah menerima hasil rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Partai NasDem menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu, baik pemilihan anggota legislatifnya (Pileg) maupun pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres)," kata Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada Seluruh Partai Politik Peserta Pemilu Legislatif 2024, dan ketiga pasangan calon yang telah mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden pada Pemilu 2024," sambungnya.

Selain itu, Surya Paloh juga mengucapkan selamat kepada Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang meraih surat terbanyak pada Pilpres 2024.

"Partai NasDem mengucapkan selamat kepada Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Pemenang Pilpres 2024," ujarnya.

Atas berbagai catatan yang ada, Partai NasDem ditegaskannya berkomitmen untuk berada dalam kehendak untuk terus-menerus memperbaiki kehidupan demokrasi dan politik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini