Sukses

Jokowi, Ma'ruf Amin hingga Prabowo Bayar Zakat Lewat Baznas

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin membayarkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Wakil Presiden Ma'ruf Amin membayarkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Selain Jokowi dan Ma'ruf, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga ikut membayarkan zakatnya lewat Baznas.

Jokowi mengatakan berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud syukur dan terima kasih atas berkah yang tak terhingga dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Menurut mantan Wali Kota Solo itu, berzakat memperkuat pondasi keimanan, menolong kaum duafa, mensucikan jiwa dari sifat kikir, dan meningkatkan ketenangan batin.

"Kita bersyukur bulan Ramadan yang suci datang kembali dan memberikan kesempatan kepada kita untuk meningkatkan ketakwaan untuk memperbanyak amalan-amalan kebaikan, termasuk berinfak, bersedekah dan berzakat," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan.

Dia berpesan agar dana zakat yang terkumpul disalurkan tepat sasaran. Jokowi juga mengingatkan agar zakat disalurkan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, memberikan kebahagiaan kepada mustahiq dan ketentraman pada muzaki.

"Semoga zakat yang kita keluarkan menyempurnakan ibadah Ramadan, kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ujar Jokowi.

Jokowi dan Ma'ruf Amin membayarkan zakat secara langsung melalui meja Baznas yang disediakan di Istana Negara. Pembayaran zakat dilakukan melalui metode QRIS.

Ada 10 meja yang disediakan untuk para menteri dan pejabat eselon 1 yang ingin membayar zakat. Usai membayarkan zakat, Jokowi mempersilakan para menteri dan kepala lembaga untuk mengantre dan membayarkan zakatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menteri Jokowi Bayar Zakat

Sejumlah menteri yang membayar zakatnya yakni, Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Kemudian, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhohoyono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Tidak diketahui, berapa nominal zakat yang dibayarkan Jokowi dan Ma'ruf tahun 2023 ini. Namun, Jokowi membayar zakat mal sebesar Rp55 juta dengan menggunakan uang tunai pada Ramadan 2019 lalu.

Jumlah zakat yang dibayarkan Jokowi tahun 2019 itu meningkat Rp5 juta dibandingkan Ramadan 2018.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Badan Amil Zakat atau disingkat menjadi Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

    Baznas

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • zakat