Sukses

Viral Eskalator Stasiun Manggarai Error Bikin Penumpang KRL Jatuh, Begini Penjelasan KAI

Kejadian bermula pada salah satu eskalator di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11-12 Stasiun Manggarai yang secara normal mengarah ke atas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah

 

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral merekam detik-detik kepanikan para penumpang KRL yang hendak menaiki eskalator di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dimana, banyak penumpang yang syok hingga jatuh akibat eskalator error.

Dikutip lewat unggahan akun instagram @jakut.info, terekam kepanikan penumpang pada jam pulang kerja. Ketika eskalator yang mati di stasiun tiba-tiba menyala.

"Kronologi: 21 Februari 2024, Jam 18.00 WIB. 2 Eskalator untuk naik ke peron 11/12 arah BOGOR di Stasiun Manggarai awalnya mati jadi penumpang KRL naik lewat eskalator dengan berjalan kaki,” tulis akun tersebut.

Atas kejadian itu, External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan membenarkan adanya insiden tersebut. Akibat kendala operasional eskalator di Stasiun Manggarai, sehingga mengganggu flow pengguna yang akan menuju peron 11 dan 12.

"KAI Commuter memohon maaf atas kendala layanan pengguna Commuter Line di Stasiun Manggarai,” ucap Leza dalam keteranganya, Kamis (22/2/2024).

Adapun, lanjut Leza, kejadian bermula pada salah satu eskalator di hall lantai 1 yang mengarah ke peron 11-12 Stasiun Manggarai yang secara normal mengarah ke atas menuju peron secara tiba-tiba bergerak berbalik arah ke arah bawah.

Meski kejadian ini sempat membuat beberapa pengguna yang pada saat itu sedang berada di eskalator menuju ke arah peron terjatuh. Namun, telah dipastikan tidak ada korban luka akibat insiden tersebut.

"Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban, petugas pengamanan yang berjaga di sekitar escalator secara sigap membantu pengguna yang terjatuh,” ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditutup Sementara

Leza mengatakan pihak KAI Commuter untuk saat ini telah menutup eskalator tersebut. Dengan berkoordinasi bersama DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk pemeriksaan dan perbaikan eskalator. 

"Selain fasilitas eskalator dan lift yang diperuntukkan untuk pengguna prioritas saat menuju peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai, tersedia juga fasilitas tangga manual di sisi selatan dan ditengah hall lantai 1 stasiun,” kata dia.

"KAI Commuter mengajak kepada pengguna yang masih mampu menggunakan tangga manual, untuk menggunakannya saat akan menuju peron atau sebaliknya," tambah dia.

 

Reporter : Bachtiarudin Alam 

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini