Sukses

Sekjen PDIP Benarkan Pertemuan Sri Mulyani dengan Megawati

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan adanya pertemuan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan adanya pertemuan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hal itu disampaikan Hasto saat ditanya terkait dengan kabar pertemuan Sri Mulyani dengan Megawati.

"Pertemuan merupakan hal rutin. Tentu saja juga berbicara tentang bangsa dan negara, berbicara tentang fiskal (pendapat negara) itu merupakan hal penting," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan saat acara Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2/2024).

Hasto menjelaskan pertemuan itu berlangsung karena Megawati selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Sri Mulyani selaku Ketua Pengarah Ex-Officio.

Namun, ketika disinggung terkait pertemuan itu membahas isu mundurnya Sri Mulyani dari jabatan Menteri Keuangan, Hasto enggan menjawab. Sebab, kata Hasto, pertemuan itu berlangsung secara tertutup.

"Ya Bu Sri Mulyani dan Bu Mega karena sering ketemu di BRIN secara tertutup ya, saya tak bisa sampaikan apa yang dibahas," ujar Hasto.

Isu Sri Mulyani akan mundur dari Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin diembuskan oleh ekonom senior Faisal Basri. Selain Sri Mulyani, Faisal Basri juga menyebut sejumlah menteri lainnya berencana untuk mundur.

Salah satunya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. Faisal menyebut, daftar menteri yang akan mundur lainnya dengan latar belakang teknokrat, bukan berasal dari partai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istana Jawab Isu Sri Mulyani Mundur dari Kabinet Jokowi

Merespons isu itu, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menekankan, saat ini semua menteri Kabinet Indonesia Maju tetap solid membantu Jokowi hingga purnatugas pada Oktober 2024.

"Seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya," kata Ari kepada wartawan, Kamis (18/1/2024).

Ari enggan menanggapi isu ada menteri yang siap mundur atau tak nyaman di pemerintahan Jokowi. Ari meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung ke pihak yang menyebarkan isu.

"Terkait isu yang sengaja dilemparkan oleh beberapa pihak bahwa ada menteri yang siap mundur atau tidak nyaman dalam pemerintahan, tanyakan saja ke pihak-pihak yang melontarkan isu tersebut," ujar Ari.

3 dari 3 halaman

Reaksi Sri Mulyani Diisukan Mundur dari Menteri Keuangan

Setelah ramai menjadi isu nasional, Sri Mulyani akhirnya buka suara. Dia membantah isu tersebut. Sri Mulyani menegaskan masih tetap bekerja sebagai Menteri Keuangan sesuai tugas dan kewajibannya.

"Saya bekerja, saya bekerja," kata Sri Mulyani saat ditemui di Istana Negara Jakarta usai rapat terbatas soal ekonomi, Jumat (19/1/2024).

Sri Mulyani tidak menanggapi lebih jauh soal isu terkait. Termasuk kabar tidak harmonis dirinya dengan Menteri Pertahanan yang juga calon presiden Prabowo Subianto terkait anggaran di Kementerian Pertahanan. Dia memilih tutup mulut dan tidak menjawab pertanyaan wartawan.

 

Reporter: Bachtiarudin alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.