Sukses

Suami di Jaksel Tega Bakar Istri, Cemburu Lihat Korban Chatting dengan Pria Lain

Kemarahan Jali Kartono pria di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tak terbendung. Ia tega membakar istrinya berinisial AM. Alasannya, Jali Kartono cemburu karena melihat korban chatting dengan pria lain.

Liputan6.com, Jakarta - Kemarahan Jali Kartono tak terbendung. Ia tega membakar istrinya berinisial AM di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan (Jaksel). Alasannya, Jali Kartono cemburu karena melihat korban chatting dengan pria lain.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa, 28 November 2023 sekira pukul 14.50 WIB. Pelaku yang cemburu langsung mengambil jeriken berisi bensin dan menyiramkannya ke tubuh sang istri.

"Pelaku ini melihat ada chatting di handphone si istri yang mana ada chatting istri dengan pria lain, sehingga merasa cemburu. Pelaku (suami) langsung mengambil jeriken berisi bensin disiram kepada istrinya dan dilakukan pembakaran," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, dikutip dari kanal YouTube Liputan6, Selasa (5/12/2023).

Korban yang tubuhnya terbakar kemudian meminta pertolongan. Ia berlari menuju masjid dekat rumahnya di Jalan Haryono, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Korban berusaha mencari sumber air untuk memadamkan api. Beruntung ada sejumlah warga yang melihat kejadian itu dan langsung memberi pertolongan.

"Ada saksi yang membantu menolong dengan menggunakan sarung basah dan diselimuti ke korban ini," ucap Bintoro.

Meski api berhasil dipadamkan, korban tetap tidak berdaya. Ia mengalami luka bakar 70 persen dan hingga kini masih dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

Sementara, suami korban akhirnya ditangkap polisi pada Jumat 1 Desember 2023 lalu di rumah kerabatnya, tak jauh dari tempat tinggalnya.

"Untuk saat ini si pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka dan kami lakukan penahanan," ungkap Bintoro.

Atas perbuatannya Jali Kartono dijerat Pasal 44 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suami Tega Bakar Istri dan Anak di Jakarta Timur, Pelaku Ditangkap dan Ditahan

Seorang suami atau ayah tega membakar istri dan anak perempuannya di Jakarta Timur. Kondisi korban pun sangat mengenaskan.  

Salah satu akun Instagram membagikan kondisi para korban saat menjalani perawatan di rumah sakit. Dalam video tersebut memperlihatkan Winarsih, (39) istri dari terduga pelaku, mengenakan kaus hijau duduk di matras. Hidung terpasang selang oksigen. Sebagian tangan dan kaki diperban.

Layar berikutnya, perekam mengabadikan kondisi anak korban Ilham. Sama dengan ibunda, korban juga mengenakan kaos hijau terbaring lemah di matras. Hidung terpasang sepang oksigen, pada bagian tangan terpasang perban.

Sementara itu, layar selanjutnya memperlihatkan dua perawat yang sedang mengobati luka anak perempuan korban. Anak berinisial K (13) turut menjadi korban KDRT. Ia tampak merintih menahan rasa sakit.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Leonardus Harapantija Simarmata, membenarkan kejadian tersebut. Kasus ini sudah ditangani Satreskrim Polres Metro Jaktim. Saat ini, terduga pelaku telah ditangkap.

"Betul ditangani Polres Jaktim, dan terduga pelaku sudah ditahan," singkat dia, Minggu (2/7/2023).

Menurut informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi di sebuah rumah kos di wilayah Jakarta Timur. Kronologi awal terjadi cekcok antara Winarsih dengan suami. Dan tidak berselang lama, tiba tiba suaminya menyiramkan bensin dan membakar Winarsih. Nahasnya, kedua anaknya pun ikut terbakar.

Anak perempuan K langsung lari dan melompat ke selokan, dan kini mereka di rawat di Rumah sakit dan harus menjalani operasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.