Sukses

BMKG: Waspadai Potensi Hujan Intensitas Tinggi di Jabodetabek Beberapa Hari ke Depan 

Peningkatan curah hujan dipicu oleh peningkatan aktifitas MJO dan diperkuat dengan aktifnya fenomena gelombang Rossby ekuatorial di sekitar wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, awal Desember 2023 secara umum wilayah Jabodetabek sudah mulai memasuki awal musim hujan. Hal ini dan berdasarkan analisis dinamika atmosfer dalam sepekan ini.

"Dapat dianalisis bahwa terdapat potensi peningkatan kondisi cuaca di wilayah Indonesia termasuk wilayah Jabodetabek dalam beberapa hari ke depan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

Peningkatan kondisi cuaca tersebut dipicu oleh peningkatan aktifitas MJO (Madden Jullian Oscillation) dan diperkuat dengan aktifnya fenomena gelombang Rossby ekuatorial di sekitar wilayah Indonesia, serta terdapat pola-pola pusaran angin yang menyebabkan terbentuknya area perlambatan dan belokan angin.

"Sehingga turut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang cukup masif terutama di wilayah Indonesia bagian barat dan tengah, termasuk wilayah Jabodetabek," ujar dia.

Guswanto mengungkapkan, pada 30 November 2023, berdasarkan hasil pemantauan potensi hujan di wilayah Jabodetabek dari citra radar cuaca BMKG pada Kamis, teridentifikasi bahwa curah hujan intensitas lebat telah terjadi di wilayah Bogor yang meliputi wilayah Puncak dan sekitarnya sejak sekitar pukul 16.00 WIB dan hingga pukul 18.00 WIB. Kondisi hujannya semakin meluas ke wilayah sekitar Bogor lainnya.

"Kondisi curah hujan lebat di wilayah selatan Jabodetabek (Puncak, Bogor dan sekitarnya) seperti yang terjadi pada 30 Nopember tersebut masih dapat terjadi untuk beberapa hari ke depan, termasuk juga untuk wilayah Jabodetabek sebelah Utara (DKI Jakarta dan sekitarnya),dimana hujan dapat terjadi pada malam-dini hari bahkan di pagi hari dengan intensitas cukup variatif ringan hingga sedang," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspada Potensi Bencana Banjir

Kondisi curah hujan intensitas tinggi di wilayah Puncak-Bogor dan sekitarnya ini, perlu dicermati oleh seluruh stakeholder dan warga. Karena dapat berpotensi memicu kenaikan tingkat muka air di wilayah aliran Kali Ciliwung yang terhubung ke wilayah Jabodetabek bagian Utara.

"Dengan mempertimbangkan potensi aliran air hujan tersebut, warga dan stakeholder diimbau untuk terus waspada akan potensi genangan, banjir dan potensi longsor," kata dia.

Sementara itu untuk prakiraan Cuaca Jabodetabek dalam sepekan ked epan secara umum masih berpeluang terjadi hujan dengan intensitas ringan. Terdapat potensi hujan sedang-lebat di wilayah Jabodetabek bagian selatan seperti sebagian besar Kota Bogor, sebagian besar Kab. Bogor, sebagian besar Kota Depok, sebagian besar Jakarta Selatan, sebagian besar Jakarta Timur, Jakarta Barat bagian selatan, Kota Bekasi bagian selatan, Kab. Bekasi bagian selatan dan sebagian besar Kota Tangerang Selatan, dan Kab. Tangerang bagian selatan.

"Stakeholder dan masyarakar diimbau untuk terus melakukan langkah-langkah mitigasi guna mencegah potensi dampak yang dapat terjadi akibat cuaca ekstrem dengan melakukan beberapa hal seperti;- Peduli dengan kondisi lingkungan sekitarnya dan mengetahui potensi risiko apa yang dapat terjadi di lingkungan sekitar apabila terjadi curah hujan tinggi," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini