Sukses

3 Pelaku Pembunuhan Karyawan MRT yang Jasadnya Dibuang di BKT Jaktim Ditangkap

Polisi mengungkap bahwa korban pembunuhan yang jasadnya ditemukan mengambang di BKT, Jakarta Timur pada Jumat 10 November 2023 kemarin merupakan karyawan MRT. Kurang dari 24 jam, tim Subdit Resmob Polda Metro Jaya berhasil menangkap tiga orang pelaku.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menangkap tiga orang pelaku pembunuhan DD (38), karyawan Moda Raya Terpadu (MRT). Jasad korban ditemukan mengambang di Banjir Kanal Timur (BKT), Jalan Inspeksi Cakung Timur, Jakarta Timur (Jaktim) pada Jumat (10/11/2023) kemarin.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Uly menerangkan, kasus pembunuhan ini terungkap setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat terkait adanya penemuan mayat seorang laki-laki di BKT.

Terungkaplah identitas korban adalah seorang laki-laki berinisial DDY yang merupakan karyawan MRT dengan kondisi luka sayat dileher.

Terkait kejadian itu, Resmob Polda Metro Jaya langsung bergerak mencari pelaku. Titus menyebut, tiga orang pelaku berhasil ditangkap kurang dari 24 jam sejak penemuan mayat.

Ketiga pelaku juga telah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah R (29) yang memiliki ide kejahatan, IS (31) eksekutor, dan JS (48) sebagai penadah. Dalam kasus ini, satu orang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron.

"Pelaku sempat ingin melarikan diri ke luar kota, akan tetapi Resmob Polda Metro Jaya mengamankan R dan IS di salah satu Hotel di Cilegon yang mana para tersangka akan melarikan diri dan melakukan penangkapan JS di rumahnya," kata Titus dalam keterangan, Sabtu (11/11/2023).

Guna mempertanggungjawabkan perbuatanya, para tersangka dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penemuan Jasad Pria Mengambang di BKT

Sebelumnya, sesosok pria tanpa identitas ditemukan mengambang di Banjir Kanal Timur (BKT), Jalan Infeksi Cakung Timur, Jakarta Timur, Jumat (10/11/2023).

Kapolsek Cakung, Kompol Panji Ali Chandra menerangkan, korban pertama kali ditemukan oleh warga sekitar yang melintas. Saat itu, melihat ada sesosok mayat mengambang.

"Jam 9 tadi ada orang yang menemukan di daerah situ, untuk identitas belum diketahui karena tidak ada identitas yang melekat di tubuh korban," kata Panji saat dihubungi, Jumat (10/11/2023).

Panji mengatakan, korban diduga tewas akibat dibunuh. Indikasi pembunuhan terlihat dari kondisi jasad korban, ada luka sayatan, dan luka tusuk.

"Untuk tanda-tanda luka di badan memang ada, yaitu luka di leher, kemudian ada luka tusukan di bagian dada, kemudian ada lebam di tangan sebelah kiri," ujar dia.

Panji menerangkan, korban saat ditemukan menggunakan kaos biru lengan pendek dan celana pendek warna coklat. Adapun, ciri-ciri berjenis kelamin laki-laki dan berkulit sawo matang

"Usia sekitar 40 sekian lah ya. 40an lah ya. Diperkirakan ya," ujar dia.   

3 dari 3 halaman

Korban Karyawan MRT

Polisi mengungkap identitas jasad pria yang ditemukan mengambang di Banjir Kanal Timur (BKT), Jalan Infeksi Cakung Timur, Jakarta Timur pada Jumat (10/11/2023) lalu.

Kapolsek Cakung, Kompol Panji Ali Chandra menerangkan, korban inisial DD (38). Informasinya, korban merupakan karyawan perusahaan pelat merah.

"Betul (korban) karyawan Moda Raya Terpadu (MRT)," kata Panji dalam keteranganya, Sabtu (11/10/2023).

Panji mengatakan, kepolisian telah berkoordinasi dengan pihak keluarga. Kini, jasad pria tersebut telah diserahkan ke keluarga untuk dimakamkan.

"Kita beritahukan kepada pihak keluarga dan jenazah sudah diambil pihak keluarga," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.