Sukses

Aksi Satpam Arogan Usir dan Marahi Ibu-ibu Pedagang di TMII, Berujung Dipecat!

Pihak Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah memberikan sanksi tegas kepada Aan Kholid, satpam yang viral karena aksi arogannya mengusir dan memarahi seorang ibu pedagang liar.

Liputan6.com, Jakarta Pihak Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah memberikan sanksi tegas kepada Aan Kholid, satpam yang viral karena aksi arogannya mengusir dan memarahi seorang ibu pedagang liar.

"Manajemen TMII telah menyampaikan teguran kepada perusahaan penyedia jasa keamanan dan meminta pertanggungjawaban berupa permohonan maaf atas sikap dan tindakan yang dilakukan," kata Direktur Utama TMII, Claudia Ingkiriwang, dalam keterangannya, Kamis (26/10/2023).

Aan pun telah diberhentikan sebagai satpam TMII dan dikembalikan kepada perusahaan penyedia jasa keamanan tempat Aan bekerja.

"Karena telah merugikan nama baik TMII, per tanggal 25 Oktober 2023, petugas tersebut sudah tidak bertugas di TMII," kata Claudia.

Atas kejadian ini, serangkaian evaluasi dan perbaikan pun dilakukan pihak TMII. Termasuk melakukan investigasi guna mencari tahu pelaku yang merekam kejadian tersebut.

"Kami sedang melakukan investigasi atas intensi dan motif dari petugas tersebut yang mengambil video atas aksinya sendiri serta menyebarluaskan video tersebut, di mana tindakannya tidak sesuai dengan SOP yang berlaku di TMII," ujar Claudia.

Aan Minta Maaf

Akibat aksinya tersebut, satpam itu pun meminta maaf dan mengaku khilaf atas kesalahannya yang secara berlebihan melakukan penertiban berimbas kegaduhan dan membuat citra TMII menjadi buruk.

"Saya memohon maaf kepada manajemen TMII. Saya juga telah meminta maaf kepada Ibu Encum. Saya juga siap menerima sanksi baik dari manajemen TMII dan manajemen tempat saya bekerja," ujar Aan.

"Demikian permohonan maaf ini saya sampaikan atas kesadaran diri tanpa paksaan," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Video Viral Satpam Marahi Ibu-ibu Pedagang

Adapun kejadian aksi arogan Aan sempat viral di media sosial yang merekam seorang satpam tengah memarahi dan mencengkram ibu pedagang liar. Kejadian itu diketahui berada di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Selasa (24/10/2023).

Sebagaimana akun instagram @dwi_anggia merekam detik-detik seorang ibu menangis memohon-mohon dilepaskan oleh seorang satpam.

"Astagfirullah..teman2 onlineku yang budiman bisa tolong cari ini satpam siapa yg tega memperlakukan seorang ibu seperti ini. Ga beradab banget!!! Orang mau jualan untuk bisa bertahan hidup diginiin #help," tulis akun tersebut.

Sementara dalam video viral berdurasi 1 menit 45 detik si ibu berkerudung merah muda itu mengaku sudah puluhan tahun berdagang di kawasan anjungan Taman Mini hanya menangis minta dilepaskan.

"Ya Allah pak lepaskan, saya mau pulang," ucap ibu yang membawa ransel dagangannya dalam rekaman tersebut.

Bukan cuma menarik-narik tas si Ibu, sekuriti tersebut juga tampak membentak. Ia memarahi agar ibu-ibu itu tidak coba-coba jualan di sana lagi.

"Kamu mau jualan lagi enggak?" tanya petugas satpam membentak. "Sini, sini!," kata sekuriti tersebut.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.