Sukses

Presiden Jokowi Lantik Sulaiman Jadi Dubes RI untuk Argentina

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Sulaiman menjadi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk Republik Argentina dan Oriental Uruguay berkedudukan di Buenos Aries.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Sulaiman menjadi Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk Republik Argentina dan Oriental Uruguay berkedudukan di Buenos Aries.

Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Pelantikan Sulaiman didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 82/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Duta Besar LBBP. Keppres tersebut ditetapkan oleh Jokowi di Jakarta pada tanggal 21 September 2023.

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Sulaiman mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Jokowi, Rabu (25/10/2023).

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan melakukan dengan setia segala perintah dan petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah pusat dan saya akan memenuhi dengan setia segala kewajiban lain-lain yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh," sambung Sulaiman.

Sulaiman sendiri sebelumnya bertugas sebagai Wakil Duta Besar RI di Brussels, Belgia. Usai prosesi pengucapan sumpah, Sulaiman melakukan penandatangan berita acara pelantikan.

Jokowi kemudian memberikan ucapan selamat pada Sulaiman, diikuti para tamu dan undangan kepada para pejabat yang dilantik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Lantik Mantan Danpaspampres Agus Subiyanto Jadi KSAD

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letjen Agus Subiyanto akan dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara Jakarta, Rabu (25/10/2023). Agus menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun pada November 2023.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pelantikan dimulai pada pukul 09.10 WIB. Pelantikan Agus Subiyanto berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 89 TNI tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

"Memberhentikan dengan hormat dari Jenderal Dudung Abdurachman dari jabatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut," bunyi keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksamana Hersan.

"Mengangkat Letnan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat," demikian lanjutan bunyi keppres.

Jokowi lalu membimbing Agus Subiyanto membacakan sumpah dan jabatan sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Agus membaca sumpah jabatan.

 

3 dari 3 halaman

Kenaikan Pangkat

Agus berjanji akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu, Agus juga berjanji akan menunjung tinggi sumpah prajurit.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," kata Agus.

Bersamaan dengan pelantikan tersebut, Agus mendapatkan kenaikan pangkat dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal terhitung sejak 25 Oktober 2023. Kenaikan pangkat tersebut ditetapkan melalui Keppres Nomor 90 TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Sebagai informasi, Agus Subiyanto merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1991 dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Dia mengawali karir militernya sebagai Kasi Ops Sektor A di Timor Timur.

Dia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di militer. Mulai dari, Dandim 0735/Surakarta tahun 2009-2011, Danrem 132/Tadulako periode 2017–2018, hingga Danrem 061/Suryakancana tahun 2020.

Agus diangkat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2020-2021. Karir militernya naik saat ditunjuk menjadi Pangdam III/Siliwangi pada 2021–2022. Selanjutnya, dia menjadi Wakasad pada 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.