Sukses

Top 3 News: Pemerintah Larang TikTok Shop untuk Jualan dan Transaksi, Hanya Boleh Promosi

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan memastikan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 tahun 2020 terkait dengan perdagangan elektronik, diteken pada Senin sore 25 September 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan memastikan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 tahun 2020 terkait dengan perdagangan elektronik, diteken pada Senin sore 25 September 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Aturan TikTok tersebut disepakati usai rapat bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 25 September 2023.

Zulkifli menjelaskan dalam aturan tersebut, social commerce seperti, TikTok Shop dilarang melakukan transaksi jual beli barang. Dia menuturkan media sosial hanya diperbolehkan melakukan promosi barang atau jasa, seperti iklan di televisi.

Sementara itu, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (Ketum PSI). Dia resmi menjadi Ketum PSI meski belum ada seminggu menjadi kader partai tersebut.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, dalam Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin 25 September 2023, menanyakan soal siapa pengganti Giring Ganesha ke para kader yang hadir. Lalu kompak kader menjawab Kaesang.

Pada saat pengumuman ini, seluruh anggota DPW PSI berdiri di atas panggung. Kemudian sebuah video diputar. Video itu menampilkan lukisan bunga mawar yang kemudian terangkai puzzle foto Kaesang dengan tulisan Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait insiden kecelakaan maut yang terjadi sekitar pukul 18.30 WIB pada Sabtu 23 September 2023 di pintu Tol Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Kecelakaan tepatnya terjadi di turunan exit Tol Bawen menuju Tuntang. Truk saat itu mengarah ke Salatiga arah Solo. Dirlantas Polda Jateng Kombes Agus Suryo Nugroho menjelaskan saat itu, kondisi di depan truk sedang lampu merah sehingga tidak sedikit kendaraan yang berhenti dan diseruduk truk. Menurut dia, sopir langsung diamankan ke Polsek Ungaran.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Satake Bayu Setianto pun membenarkan peristiwa nahas kecelakaan maut exit Tol Bawen diduga akibat rem truk yang tidak berfungsi saat melintas di jalan menurun.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 25 September 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pemerintah Larang TikTok Shop untuk Jualan dan Transaksi, Hanya Boleh Promosi

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan memastikan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 tahun 2020 terkait dengan perdagangan elektronik, diteken pada Senin sore 25 September 2023.

Aturan ini disepakati usai rapat bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 25 September 2023.

"Pengaturan perdagangan elektronik, khususnya tadi kita membahas social e-commerce. Sudah disepakati, pulang ini revisi Permendag 50 tahun 2020 akan kita tanda tangani. Ini sudah dibahas berbulan-bulan dengan pak Presiden," jelas Zulkifli usai rapat di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin 25 September 2023.

Dalam aturan tersebut, social commerce seperti, TikTok Shop dilarang melakukan transaksi jual beli barang. Zulkifli menuturkan media sosial hanya diperbolehkan melakukan promosi barang atau jasa, seperti iklan di televisi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kaesang Pangarep Resmi Jadi Ketua Umum PSI

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, ditunjuk jadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 

Kaesang Pangarep resmi menjadi Ketum PSI meski belum ada seminggu menjadi kader partai tersebut.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie, dalam Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin 25 September 2023, menanyakan soal siapa pengganti Giring Ganesha ke para kader yang hadir.

"Siapakah yang akan menjadi ketua umum selanjutnya?"

"Kaesaang," jawab para kader.

"Siapa bro dan sis?" tanya Grace.

"Teriakkan namanya." kata dia.

"Kaesaaang," teriak para kader.

Pada saat pengumuman ini, seluruh anggota DPW PSI berdiri di atas panggung.

Kemudian sebuah video diputar. Video itu menampilkan lukisan bunga mawar yang kemudian terangkai puzzle foto Kaesang dengan tulisan Kaesang Pangarep Ketua Umum PSI.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tujuh Fakta Terkait Kecelakaan Maut Exit Tol Bawen pada Sabtu Malam 23 September 2023

Insiden kecelakaan maut terjadi sekitar pukul 18.30 WIB pada Sabtu 23 September 2023 di pintu Tol Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Kecelakaan tepatnya terjadi di turunan exit Tol Bawen menuju Tuntang. Truk saat itu mengarah ke Salatiga arah Solo.

"Driver tidak bisa mengendalikan kendaraan diduga rem blong," ujar Dirlantas Polda Jateng Kombes Agus Suryo Nugroho, saat dihubungi wartawan, Sabtu 23 September 2023.

Saat itu, kata Agus, kondisi di depan truk sedang lampu merah sehingga tidak sedikit kendaraan yang berhenti dan diseruduk truk. Menurut dia, sopir langsung diamankan ke Polsek Ungaran.

"Untuk sopir sudah kita bawa ke Polres (Ungaran) kita amankan dan akan kita minta keterangan. Yang paling penting kita sekarang konsentrasi menolong korban," ucap Agus.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.