Sukses

Melihat Deretan Inovasi Teknologi AI di IBM Think 2023 Singapura

IBM menggelar demo menginspirasi untuk mengembangkan bisnis dan mempercepat transformasi digital, khususnya seputar teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Liputan6.com, Jakarta - IBM telah resmi menggelar kegiatan IBM Think 2023 Singapura yang bertempat di Marina Bay Sands Expo pada 13-14 September 2023. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan solusi dalam menentukan strategi dan teknologi yang memungkinkan perusahaan atau organisasi untuk meraih peluang dan mencapai keseimbangan yang tepat antara mencapai stabilitas dan memajukan transformasi digital.

Dalam kegiatan tersebut, IBM menggelar sejumlah kegiatan seperti bincang-bincang teknologi yang menghadirkan para pemimpin perusahaan dan petinggi pemerintahahan Singapura.

Selain itu, IBM juga menggelar demo yang menginspirasi untuk mengembangkan bisnis dan mempercepat transformasi digital, khususnya seputar teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaat AI dalam dunia bisnis dan pemerintahan. Adapun berikut deretan demo inovasi teknologi yang dihadirkan di IBM Think 2023 Singapura:

Demo watsonx

watsonx adalah platform AI dan data yang dirancang untuk melipatgandakan dampak AI dalam bisnis dan pemerintahan. Platform ini terdiri dari tiga produk canggih: watsonx.ai, watsonx.data, dan watsonx.governance.

Dalam pameran ini, IBM menampilkan studio watsonx.ai untuk model fondasi baru, AI generatif, dan pembelajaran mesin. IBM juga mendemonstrasikan bagaimana watson Assistant meningkatkan kepuasan pelanggan serta efisiensi biaya, dengan menerapkan analisis konten yang didukung oleh bahasa alami dan AI untuk menemukan jawaban dan wawasan dengan lebih cepat.

Layanan ini secara signifikan telah memangkas waktu dan biaya pelatihan yang lebih rendah dengan mempercepat jawaban kontekstual dengan kemampuan AI generatif.

Demo Kacamata Pintar AI

Selain watsonx, IBM juga memamerkan sebuah inovasi kacamata pintar dalam dunia AI.

Teknologi kacamata pintar merupakan salah satu inovasi buatan IBM yang diperuntukan guna meningkatkan kesiapan operasional dengan mengotomatisasi proses inspeksi peralatan dan memfasilitasi bantuan jarak jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama Pemerintah Singapura dan IBM

Adapun dalam proyek ini, IBM telah bekerjasama dengan instansi pemerintah Singapura yakni Singapore Civil Defence Force (SCDF). Kerja sama ini bertujuan untuk mengadopsi teknologi Kacamata Pintar di Bidang Keselamatan Manusia, khususnya dalam hal pemadaman api.

Proyek ini akan diujicobakan di Smart Fire Station atau Kantor Pemadam Kebakaran Pintar milik SCDF di Punggol Fire Station dan Central Fire Station, Singapura.

Demo Showcase VR IBM

Selanjutnya, IBM juga memperekenalkan teknologi Virtual Reality (VR) dalam gelaran IBM Think 2023. Teknologi ini diperuntukan guna memberikan pengalaman bekerja dalam dunia digital.

Dalam proyek ini, IBM telah mengeksplorasi bagaimana pengalaman berbasis Virtual Reality dapat mempermudah urusan pekerjaan dengan visualisasi 3D.

Teknologi ini disebut juga akan memberikan efisiensi biaya yang tinggi dalam hal perjalanan ke lokasi pekerjaan.Selain itu, Teknologi VR disebut akan memberikan manfaat untuk meningkatkan rasa keterlibatan dan kepemilikan yang jauh lebih besar bagi pekerja kepada perusahaannya.

3 dari 3 halaman

Tentang IBM Think 2023

IBM Think 2023 merupakan kegiatan yang dirancang untuk menemukan strategi dan teknologi yang memungkinkan untuk meraih peluang dan mencapai keseimbangan yang tepat antara mencapai stabilitas dan memajukan transformasi digital.

Kegiatan ini juga menghadirkan sederet para pemimpin bisnis terkemuka dan paling kreatif di dunia dalam bincang-bincang teknologi, dan demo yang menginspirasi untuk mengembangkan bisnis dan mempercepat transformasi digital.

Selain itu, IBM Think 2023 juga memberikan pengalaman bagi para pebisnis dan organisasi dalam mempelajari berbagai konten interaktif yang disampaikan oleh para pakar transformasi di empat lingkungan teknologi, di antaranya AI, Otomasi dan Data, Cloud Hibrida, Keamanan dan Sustainability.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.