Sukses

Infografis Jokowi Izinkan Menteri Maju Capres-Cawapres 2024

Lampu hijau sudah diberikan Jokowi kepada sejumlah menteri bertarung di Pilpres 2024. Sejumlah menteri dan wakil menteri juga akan mengikuti Pileg 2024. Lantas, bagaimana aturan cuti kampanyenya?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan lampu hijau alias mengizinkan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024. Jokowi pun memastikan tidak ada aturan yang melarang hal itu.

"Diizinkanlah, yang dulu-dulu juga gitu," ujar Presiden Jokowi di Bogor, Jawa Barat, Senin 11 September 2023.

Jokowi menjelaskan pula, para menteri yang maju sebagai capres-cawapres tak perlu mundur dari jabatannya. "Aturannya seperti apa? Kalau aturannya tidak usah mundur, ya enggak apa-apa."

Hanya saja, Jokowi mensyaratkan kepada menteri yang ingin berkontestasi pada Pilpres 2024. Sang Presiden mewanti-wanti mereka agar tak menggunakan fasilitas negara ketika kampanye.

"Yang paling penting tidak menggunakan fasilitas negara, yang kedua kalau kampanye cuti. Aturannya jelas," Jokowi menekankan.

Lampu hijau sudah diberikan Jokowi kepada anggota Kabinet Indonesia Maju, terutama untuk bertarung di Pilpres 2024 maupun Pemilu 2024. Sejauh ini memang baru Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipastikan menjadi bakal capres di Pilpres 2024.

Namun, sejumlah menteri digadang-digadang atau masuk bursa capres-cawapres 2024. Di antaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Termasuk, Menteri Koordinator Bidang perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Bukan hanya itu. Sejumlah menteri dan wakil menteri juga mulai sibuk sebagai calon anggota legislatif atau caleg. Antara lain Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Sejumlah menteri bakal meramaikan kontestasi Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 ataupun Pilpres 2024. Lantas, bagaimana aturan kampanye dan cuti bagi para menteri tersebut? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Jokowi Izinkan Menteri Maju Capres-Cawapres 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Menteri Ikut Pemilu 2024 dan Pilpres 2024, Ini Aturan Kampanyenya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.