Sukses

Top 3 News: Polusi Udara Dibilas dengan 22.500 Liter Air saat KTT ke-43 ASEAN Jakarta

Indeks kualitas udara Jakarta terpantau membaik pada momen pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-43 ASEAN, Selasa 5 September 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks kualitas udara Jakarta terpantau membaik pada momen pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-43 ASEAN Jakarta pada Selasa 5 September 2023. Itulah top 3 news hari ini.

Ternyata, polusi udara sengaja 'dibilas' selama perhelatan tersebut. Tujuannya agar tidak tercipta citra tidak baik di mata pemimpin dunia akibat polusi udara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan dua pesawat fixed-wing untuk melakukan evaporasi buatan dengan teknik baru di langit Jakarta. Teknik yang digunakan disebut dengan teknik water-spray.

Sementara itu, PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan bahwa beberapa partai politik (parpol) pengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, akan menggelar pertemuan dengan Partai Demokrat.

Hal tersebut usai Partai Demokrat resmi keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yang mendukung pencalonan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto, pihaknya tak masalah dengan komunikasi politik yang dijalin partai politik pengusung Ganjar tersebut.

Namun, Hasto menegaskan partai politik yang masuk koalisi Ganjar Pranowo harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait kecelakaan beruntun yang terjadi di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed atau Tol Layang MBZ Jakarta-Cikampek pada Sabtu pagi 9 September 2023.

Sebanyak tujuh kendaraan terlibat lantaran sebuah mobil nekat melawan arah. Hal itu disampaikan Kainduk PJR Tol Cikampek AKP Ricky Akmaja.

Menurut Ricky, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu, sebuah mobil merek Toyota Yaris melaju dengan melawan arus.

Pihak kepolisian sendiri masih menyelidiki kasus kecelakaan beruntun tersebut. Ada pun proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) telah dilakukan dan penanganan selanjutnya menjadi kewenangan Satlantas Polres Bekasi Kabupaten.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 9 September 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Polusi Udara Dibilas dengan 22.500 Liter Air Selama KTT ASEAN Berlangsung

Indeks kualitas udara Jakarta terpantau membaik pada momen pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ke-43 ASEAN, Selasa 5 September 2023. Ternyata, polusi udara sengaja "dibilas" selama perhelatan tersebut. 

Agar tidak tercipta citra tidak baik di mata pemimpin dunia akibat polusi udara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengerahkan dua pesawat fixed-wing untuk melakukan evaporasi buatan dengan teknik baru di langit Jakarta. Teknik yang digunakan disebut dengan teknik water-spray.

Dua pesawat dioperasikan untuk menciptakan evaporasi sehingga diharapkan bisa "membilas" polusi udara. BNPB berharap, selain mengurangi polusi udara di Jabodetabek, TMC teknik baru ini dapat mendukung penyelenggaraan KTT ASEAN.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. PDIP: Parpol Pengusung Ganjar Pranowo Akan Gelar Pertemuan dengan Demokrat

PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan bahwa beberapa partai politik (parpol) pengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, akan menggelar pertemuan dengan Partai Demokrat.

Hal ini usai Partai Demokrat resmi keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), yang mendukung pencalonan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Kami mendengar beberapa partai politik yang mengusung Pak Ganjar itu juga akan mengadakan pertemuan dengan Partai Demokrat," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dikutip dari siaran pers, Sabtu 9 September 2023.

Menurut dia, PDIP tak masalah dengan komunikasi politik yang dijalin partai politik pengusung Ganjar tersebut.

Namun, Hasto menegaskan partai politik yang masuk koalisi Ganjar Pranowo harus mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kecelakaan Beruntun di Tol Layang MBZ, Akibat Mobil Lawan Arah

Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed atau Tol Layang MBZ Jakarta-Cikampek pada Sabtu pagi 9 September 2023.

Sebanyak tujuh kendaraan terlibat lantaran sebuah mobil nekat melawan arah.

"Betul, terjadi kecelakaan di KM 25A MBZ dan sudah ditangani," tutur Kainduk PJR Tol Cikampek AKP Ricky Akmaja saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut Ricky, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu, sebuah mobil merek Toyota Yaris melaju dengan melawan arus.

“Kendaraan Yaris hitam tiba-tiba melawan arah. Belum diketahui penyebabnya," jelas dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.