Sukses

Top 3 News: Respons Kubu Moeldoko Usai MA Tolak PK Kepengurusan Partai Demokrat

Inisiator Kongres Luar Biasa Partai Demokrat Pimpinan Darmizal mengaku legowo dengan keputusan MA. Dia mengatakan kubu Moeldoko akan menentukan sikap dan arah politik.

Liputan6.com, Jakarta Upaya hukum peninjauan kembali (PK) yang diajukan kubu Moeldoko kandas setelah ditolak Mahkamah Agung. Diketahui, Moeldoko sebelumnya mengajukan PK atas Surat Keputusan (SK) Menkumham yang mengakui AHY sebagai Ketum Partai Demokrat.

Sebelum mengajukan PK, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) tersebut juga sudah mengajukan upaya hukum banding dan kasasi atas SK tersebut, namun semuanya kandas.

Setelah upaya KLB kubu Moeldoko kandas, Darmizal selaku Inisiator Kongres Luar Biasa Partai Demokrat Pimpinan angkat suara. Dia mengaku legowo atas keputusan tersebut dan mengucapkan selamat kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Berita terpopuler di top 3 news lainnya pada Jumat, 11 Agustus kemarin terkait kebakaran yang melanda Mal Gandariia City. Tepatnya di sebuah rumah makan di Jalan di Jalan KH Syafe'i Hazami, Kebayoran Lama Selatan.

Api mampu dipadamkan setelah Suku Dinas Kebakaran setempat menurunkan 25 uni mobil damkar ke lokasi kejadian dan berhasil dijinakkan sekitar pukul 19.45 WIB.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut. Ada pun penyebabnya diduga bersumber dari sampah yang terbakar di belakang rumah makan.

Kabar seorang ibu yang baru tersadar bayinya tertukar juga tak kalah menyita sorotan pembaca Liputan6.com. Bermula ketika Siti Mauliah melahirkan dengan operasi caesar di RS Sentosa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, pada 18 Juli 2022.

Pada hari kedua, sang ibu merasa ada beberapa perbedaan fisik pada bayi yang dilahirkannya. Dia melihat rambut bayi nampak lebih lebat. Namun saat itu menurut perawat, hanya gelang saja yang tertukar.

Akhirnya diputuskan untuk melakukan pemeriksaan DNA. Hasilnya bayi tersebut bukan anak biologis dari pasien Siti. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat, 11 Agustus 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 3 Pernyataan Kubu Moeldoko Usai MA Tolak PK Moeldoko soal Kepengurusan Partai Demokrat

Mahkamah Agung (MA) kembali menolak Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan oleh elite Partai Demokrat kubu Moeldoko terkait kepengurusan Partai Demokrat, pada Kamis 10 Agustus 2023.

Hal itu membuat kubu Moeldoko melalui Inisiator Kongres Luar Biasa Partai Demokrat Pimpinan Darmizal angkat bicara. Dia mengaku legowo dengan keputusan MA. Selain itu, ia mengatakan kubu Moeldoko akan menentukan sikap dan arah politik.

"Kami sepenuhnya menghormati keputusan MA. Di mana keputusan MA tersebut sudah final dan mengikat. Kami dalam waktu dekat juga akan menentukan sikap dan arah politik. Suara KLB Demokrat se-Indonesia itu besar dan itu akan segera kami arahkan ke partai mana akan berlabuh," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis, 10 Agustus 2023. 

Dia juga mengucapkan selamat kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) karena telah memenangkan kontestasi ini.

"Selamat pada pak SBY dan AHY. Semoga Partai Demokrat lebih maju dan menjadi rumah bersama. Bukan lagi menjadi partai yang hanya dikuasai kelompok tertentu," kata Darmizal.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko berupaya ingin mengambil alih kepengurusan Partai Demokrat dengan mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA). Namun, dengan beberapa pertimbangan MA menolak PK tersebut.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kebakaran Dekat Mal Gandaria City Diduga Akibat Warga Bakar Sampah

Insiden kebakaran menghanguskan sebuah rumah makan di Jalan KH Syafe'i Hazami, Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan atau dekat Mal Gandaria City (Gancit) pada Jumat (11/8/2023) malam.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan Syamsul Huda menerangkan, api diduga bersumber dari sampah yang terbakar di belakang rumah makan soto seger "Bu Sri".

Api kemudian merambat ke saung parkiran motor hingga menyambar motor yang terparkir. Kebakaran pun semakin membesar.

"Dugaan penyebab, tetangga bakar sampah di belakang Warung Soto Seger Bu Sri dan merambat ke saung parkiran motor dan menyambar motor yang terparkir," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Syamsyul mengatakan, pihaknya mengerahkan 25 unit mobil pemadam kebakaran dan 100 personel ke lokasi untuk memadamkan api. Petugas dilaporkan tiba pada pukul 18.20 WIB.

Saat ini, api sudah berhasil dijinakkan. "Selesai pemadaman pada pukul 19.45 WIB," ujar dia.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. 

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kasus Bayi Tertukar Gegerkan Warga Bogor, Baru Ketahuan Setahun Kemudian

Pasangan orangtua asal Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Siti Mauliah (37) dan Muhamad Tabrani (52) melapor ke unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Bogor setelah mengetahui anaknya tertukar di rumah sakit (RS) sejak lahir.

"Kami menunggu penyelidikan dari Unit PPA. Pasti kita akan menggugat (pihak RS) secara perdata atas kerugian yang sudah dialami klien kami," kata kuasa hukum Siti Muliah, Rusdy Ridho dilansir dari Antara, Jumat (11/8/2023).

Peristiwa bayi tertukar ini bermula ketika Siti Mauliah melahirkan dengan operasi caesar di RS Sentosa, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor pada 18 Juli 2022. Saat itu, Siti masih menyusui bayi yang ia lahirkan.

Namun, kata Rusdy, ketika Siti menyusui di hari kedua, kliennya merasa ada beberapa perbedaan pada bayi yang dilahirkan, terlebih di bagian rambut yang nampak lebih lebat.

Ketika hendak pulang dari RS, perawat yang melayani sempat menanyakan kepada Siti mengenai gelang penanda yang dikenakan oleh bayi. Tapi, saat itu disebutkan oleh perawat tersebut bahwa hanya gelang saja yang tertukar.

"Dikonfirmasi, alasan rumah sakit itu hanya tertukar gelang. Sampai berlarut sampai setahun ini," jelas Rusdy.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.