Sukses

Cerita Anies Bujuk Susi Pudjiastuti Ikut Kejar Paket C

Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan menceritakan kisah inspiratif tentang sosok mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan menceritakan kisah inspiratif tentang sosok mantan menteri KKP Susi Pudjiastuti.

Anies mengungkap, pernah membujuk Susi agar mau mengikuti ujian paket C karena tidak punya ijazah. Saat itu, Anies masih menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan di periode pertama Presiden Joko Widodo.

"Soal bu Susi itu, bu Susi sangat terbuka kan orangnya, beliau kan enggak lulus SMA, terus suatu ketika, saya dekat sama bu Susi sudah panjang bukan kemarin saja, tapi saya mau cerita kejadian ini, ada kaitannya sama pendidikan. Selesai sidang kabinet, saya jalan sama bu Susi terus saya bilang 'bu, bu Susi kan enggak punya ijazah SMA, bu Susi ikut dong kejar paket c'" kata Anies.

Akhirnya ia membujuk Susi supaya mau mengikuti ujian paket C. Dengan alasan supaya banyak masyarakat yang tidak lulus SMA mengikuti jejaknya.

"'Wah buat apa? Enggak butuh itu ijazah, wong aku bisa begini enggak pake ijazah kok.' kata bu Susi gini. Terus 'bu ini bukan soal ijazah buat bu Susi, kalau buat bu Susi udah enggak butuh itu semua. Tapi di luar sana ada ratusan ribu mungkin juta orang yang mereka sebenarnya bisa dapet kesempatan kerja tapi kalau mau daftar kerja ditanya punya ijazah apa engga. Betulkan, kalau enggak ada ijazah enggak bisa, bukan soal kompetensinya, enggak ada ijazahnya," jelas Anies.

Anies meminta Susi menjadi contoh kepada masyarakat. Akhirnya Susi pun mengikuti saran Anies.

"Dan di situ yang saya suka sama bu Susi, dia mau mengerjakan bukan karena untuk dirinya, tapi begitu dia bilang 'oke kalau ini jadi contoh buat yang lain, saya akan kerjain' kan repot sebenernya buat dia. Dia harus belajar, dia harus siapin, tapi beliau itu mau mengerjakan. Begitu tahu bahwa biar saya jadi contoh, ada anak-anak yang tidak sempat lulus SMP supaya kejar paket C," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Inspirasi

Kemudian, Anies menceritakan ada orang yang tinggal di dekat rumahnya mengaku mengikuti program paket C karena terinspirasi sosok Susi. Maka itu, Anies menilai Susi merupakan sosok yang inspiratif.

"Jadi its truly an inspiration," imbuhnya.

Hanya saja, ketika Anies tidak menjawab ditanya apakah kedekatannya dengan Susi membuka peluang menjadi pendampingnya di Pilpres 2024. Anies hanya tertawa.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti kerap jadi perbincangan karena gayanya yang cuek. (Via: liputan6.com)
    Susi Pudjiastuti adalah pengusaha yang didaulat Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja 2014-2019

    Susi Pudjiastuti

Video Terkini