Sukses

Anies Baswedan Ogah Cawe-Cawe soal Polemik Renovasi JIS

Anies Baswedan telah bicara bahwa JIS adalah aset Indonesia dan dipersilakan untuk direnovasi.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menegaskan tak akan cawe-cawe soal polemik renovasi Jakarta International Stadium (JIS) terutama perihal perbaikan rumput.

"Oh ya saya enggak cawe-cawe deh soal itu," kata Anies di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, (12/7/2023).

Diketahui, JIS menjadi salah satu venue yang akan ditinjau FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17. 

 

Sementara Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan, polemik perbaikan JIS sudah selesai. Mantan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan telah bicara bahwa JIS adalah aset Indonesia dan dipersilakan untuk direnovasi.

"Pak Anies sudah bicara, ini adalah aset Indonesia. Silakan direnovasi. Jangan dipolitisasi," ujarnya, Senin 10 Juli 2023.

Erick menyatakan, saat ini dirinya sedang fokus menyukseskan Piala Dunia U-17 dari segi penyelenggaraan dan performa timnas U-17 yang akan ditampil di ajang ini.

Erick Thohir baru-baru ini sempat menyambangi JIS. Ia, didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Pj Gubernur DKI Jakarta Budi Hartono, melakukan peninjauan terhadap stadion yang berlokasi di kawasan Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

Hasilnya, terdapat sejumlah aspek yang harus diperbaiki di JIS. Salah satu yang paling penting dan mendasar ialah terkait rumput. Merujuk pada evaluasi dari tim ahli KaErpe, rumput JIS saat ini belum memenuhi standar FIFA.

Di samping itu, terdapat pula sarana dan prasarana lain yang membutuhkan perbaikan. Beberapa di antaranya meliputi renovasi pintu tiket di pintu masuk zona barat, hingga penambahan akses keluar masuk bagi penonton.

Erick Thohir optimistis proses renovasi Jakarta International Stadium (JIS) mampu dituntaskan dalam waktu singkat. Pihaknya menargetkan perbaikan tersebut dapat rampung selama kurun waktu tiga bulan, mengingat JIS merupakan salah satu opsi stadion alternatif untuk Piala Dunia U-17 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Anggaran Renovasi 22 Stadion Capai Rp1,9 triliun

Erick Thohir membantah, informasi yang menyebutkan anggaran untuk rencana renovasi Jakarta International Stadium (JIS) sebesar Rp5 triliun.

"Itu tidak ada renovasi (JIS) Rp5 triliun," kata Erick dilansir dari Antara, Jumat (7/7/2023).

Meski tidak secara khusus menyebutkan anggaran untuk rencana renovasi JIS, Erick menjelaskan, total anggaran untuk renovasi 22 stadion di Indonesia mencapai Rp1,9 triliun. Ada pun renovasi 22 stadion itu agar sesuai dengan standar Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu pun menyayangkan informasi tidak benar atau hoaks itu yang bermunculan di media sosial.

"Kan ini banyak penyebar hoaks, sekarang kan media sosial. Stadion JIS dibangun Rp5 triliun atau Rp4,5 triliun, mau direnovasi Rp5 triliun untuk cari ‘proyek’. Rumput saja Rp 6 miliar," ucap Erick.

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.