Sukses

Respons PDIP Lihat Prabowo Makan Siang Bareng Jokowi di Istana Bogor

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menilai pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan hal biasa. Dia melihat pertemuan dengan agenda makan bersama itu lebih kepada pertemuan antara presiden dengan menterinya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menilai pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan hal biasa. Dia melihat pertemuan dengan agenda makan bersama itu lebih kepada pertemuan antara presiden dengan menterinya.

Menurutnya, Jokowi sebagai kepala pemerintahan tentu menjadi pusat dari segala-galanya. Namun, dia mengaku tidak ingin menafsirkan lebih jauh pertemuan Jokowi dan dengan Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa keyakinan PDIP yakni Jokowi tetap berpihak kepada capres PDIP Ganjar Pranowo.

"Yang bisa saya tafsirkan, Presiden insyaallah sebagai pribadi, sebagai kader akan berpihak kepada Ganjar Pranowo. Karena apa? Di rakernas partai nyata-nyata pemimpin masa depan yang punya keberanian adalah Ganjar Pranowo. Mau ditafsir apalagi pernyataan Bapak Jokowi?" kata Said, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Kata Said, Jokowi juga melakukan makan bersama dengan Ganjar Pranowo. Akan tetapi, meski Jokowi makan satu meja dengan Ganjar atau dengan Prabowo Subianto, sosok yang saat ini lebih dekat dengan kepala negara adalah Ganjar.

"Oh iyalah, orang Presiden sama menteri pertahanannya kok. Sekarang kalau bicara kedekatan, kan Menhan di Jakarta, Mas Ganjar dari Jateng. Berarti mana yang lebih dekat? Yang Jateng kan yang lebih jauh," ujar Said.

Lebih lanjut, Said pun enggan berkomentar lebih dalam soal makan bersama Jokowi dengan beberapa sosok, termasuk Prabowo maupun Ganjar Pranowo.

"Lah, kalau bicara beriringan repot. Sebelumnya Mbak Puan, habis Mbak Puan, Mas Ganjar, habis Mas Ganjar, Pak Prabowo. Biasalah itu. Kalau setiap Bapak Presiden manggil bawahannya ditafsir, waduh jadi juru tafsir kita terus menerus setiap hari," ujar Said.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo dan Ganjar Pamer Makan Bareng Jokowi

Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melakukan makan siang bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Momen makan bersama orang nomor satu di Indonesia itu diunggah bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra melalui akun Instagram pribadi @prabowo pada Minggu (18/6/2023).

Ada dua foto yang diunggah Prabowo. Tampak Jokowi dan Prabowo mengenakan kemeja pitih. Dalam foto itu, hanya mereka berdua yang makan di meja bundar dengan beragam menu.

Tidak ada keterangan mengenai percapakan keduanya atau tujuan Prabowo datang ke Jokowi.

Prabowo hanya menuliskan "Istana Bogor" sebagai keterangan di mana makan bersama Presiden itu berlangsung.

"Istana Bogor," tulis Prabowo Subianto dalam keterangan foto yang ia unggah.

Sebelumnya, potret makan bersama Jokowi juga diunggah Ganjar Pranowo. Hal itu terlihat dalam unggahan foto bakal calon presiden dari PDI Perjuangan ini di akun Instagram @ganjar_pranowo.

Dalam foto terlihat Ganjar memakai kemeja batik berwarna cokelat. Sementara Jokowi tampak mengenakan kemeja putih. Berbagai menu makanan tersaji di meja bundar, salah satunya sate.

Tidak dijelaskan apa yang mereka perbincangkan. Namun, Ganjar Pranowo meminta netizen menebak menu yang tidak boleh terlewat saat makan malam bersama Jokowi.

"Kalau pas lagi makan malam bareng Pak Jokowi, ada menu yang gak boleh ketinggalan. Apa coba?" tulis Ganjar dikutip Kamis (15/6/2023).

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.