Sukses

Hasto Kristiyanto: Jumat Besok, Satu Parpol Merapat ke PDIP Beri Dukungan ke Ganjar Pranowo

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menegaskan, satu parpol akan merapat dan  bekerja sama  untuk mendukung bakal calon presiden (bacapres) untuk Pilpres 2024, Ganjar Pranowo

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menegaskan, satu parpol akan merapat dan  bekerja sama  untuk mendukung bakal calon presiden (bacapres) untuk Pilpres 2024, Ganjar Pranowo.

Dia menyebut, deklarasi partai politik yang akan mendukung Ganjar itu akan digelar pada Jumat 9 Juni 2023 nanti.

"Kerja sama politik ini akan dilakukan sehingga hari jumat nanti akan ada satu dukungan dari parpol yang akan semakin mempercepat pergerakan dari Pak Ganjar," kata Hasto pada sela-sela Rakernas III, di Sekolah Partai PDIP, Rabu (7/6/2023).

Hasto menambahkan, nantinya kerja sama ini akan menambah basis dukungan kepada Ganjar Pranowo. Dia pun menyebutkan, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan beberapa parpol seperti PAN, Golkar dan PKB. Bahkan dukungan secara resmi kepada Ganjar telah disampaikan PPP dan Partai Hanura.

Dia meyakini kerja sama politik dukungan kepada Ganjar memenuhi aspek ideologis, strategis, historis, dan kompetensi yang baik.

"Maka, kami pertama dengan PPP karena aspek ideologis, historis terkait dengan perjuangan pada masa Orde Baru, bahkan kedekatan dengan tokoh-tokoh di antara kedua partai. Kemudian juga dengan PAN kami melakukan dialog yang karena akar 1912 cukup lama, maka pak Zulkifli kan, jangankan Pak Zul ,istri beliau pun sangat mengagumi bu Megawati Soekarnoputri," ungkapnya.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, kerja sama dengan partai-partai politik pendukung Ganjar juga dilakukan atas dasar pemahaman yang sama terhadap gaya kepemimpinan Presiden Jokowi. 

Termasuk, kata Hasto, hal ini juga berlaku bagi satu parpol baru pendukung Ganjar yang diyakini memiliki daya unggul yang baik dalam menjabarkan gaya kepemimpinan Jokowi, serta memiliki komunikasi yang baik dan jangkauan yang luas.

"Kami mendorong agar nanti ada penjelasan telebih dahulu dari partai yang akan bergabung ini, baru dari kami menanggapi," ucap Hasto.

"Tapi intinya bahwa partai ini akan bergabung pada hari Jumat ini langsung menjabarkan dari apa yang bapak presiden Jokowi di dalam pengarahan tertutup kemarin," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Kata Ganjar Pranowo soal Cawapresnya

Sebelumnya, Bakal calon presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menegaskan bahwa pembahasan soal calon wakil presiden (Cawapres) bakal dibahas bersama-sama dengan partai yang telah menyatakan bekerjasama di Pilpres 2024.

Pasalnya, dia  menyebut saat ini ada partai politik yang masih ingin bergabung dan membuka kerjasama dengan PDIP.

"Jadi urusan cawapres karena banyak partai masih akan bekerja sama dengan PDI Perjuangan, maka akan terjadi berembuk, masih-masing juga sudah melemparkan, kemarin 'boleh nggak calonnya dari kami? Boleh nggak?' 'Boleh'," kata Ganjar Pranowo di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Gubernur Jawa Tengah ini juga menyebut nama-nama cawapres yang disodorkan mendampingi dirinya akan dibahas bersama-sama dengan partai yang telah menyatakan kerjasama.

Apalagi, hal itu telah disampaikan sebelumnya oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani.

"Nanti akan kita rapatkan dan tentu persis seperti Mbak Puan sampaikan, Ibu Ketum sampaikan, kita akan membahas bareng-bareng," ujar Ganjar.

Ganjar memastikan dirinya akan dilibatkan dalam pembahasan bakal cawapresnya.

"Setelah mengerucut, dikonsultasikan, nanti dikomunikasikan dengan Capresnya agar kita bisa bareng," sambung dia.

"Jadi sabar," pungkas Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia
    Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah sejak Agustus 2013 yang bisa dianggap sebagai Gubernur Twitter-nya Indonesia

    Ganjar Pranowo

  • PDIP

  • parpol

Video Terkini