Sukses

Top 3 News: Firli Bahuri dan Idris Sihite Sudah Diperiksa Dewas KPK Terkait Kebocoran Penyelidikan Korupsi

Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) sudah memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri dan Plh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Idris Sihite.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) sudah memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri dan Plh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Idris Sihite. Hal tersebut disampaikan anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris. Itulah top 3 news hari ini.

Haris menjelaskan, pemeriksaan berkaitan dengan laporan dugaan pelanggaran etik dalam bocornya penyelidikan korupsi tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian ESDM.

Selain itu, Haris menyebut sudah tak ada lagi pihak yang akan menjalani pemeriksaan berkaitan dengan kasus ini. Dia berharap hasil klarifikasi terhadap beberapa pihak bisa dirampungkan.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengakui, meminta kepada Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu supaya mengamankan tiket calon presiden untuk Anies Baswedan. Supaya pemerintah tidak dituduh menjegal Anies.

Mahfud mengingatkan untuk tidak menyalahkan pemerintah bila Anies Baswedan gagal nyapres. Apalagi kalau sumbernya adalah masalah internal koalisi.

Kemudian, Mahfud memastikan, sikap pemerintah tidak akan intervensi pencapresan Anies. Ia menjamin akan menjaga penyelenggaraan pemilu dengan baik.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait jajaran Partai Gerindra melakukan kunjungan ke Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan. Rombongan datang dengan diantar sebuah bus pariwisata.

Pantauan Liputan6.com, Senin 5 Juni 2023, pihak Gerindra tiba sekitar pukul 14.43 WIB. Tampak jajaran PAN menyambut kedatangan mereka, antara lain Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, dan Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay.

Sementara dari Partai Gerindra tampak hadir Waketum Gerindra Habiburokhman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, pertemuan dua partai besar ini akan banyak pembahasan. Sementara, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengaku, pertemuan dua partai ini untuk membahas peluang kerja sama di Pemilu 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Senin 5 Juni 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Dewas KPK Sudah Periksa Firli Bahuri dan Idris Sihite Terkait Kebocoran Penyelidikan Korupsi

Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) Syamsuddin Haris menyebut pihaknya sudah memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri dan Plh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Idris Sihite.

Pemeriksaan berkaitan dengan laporan dugaan pelanggaran etik dalam bocornya penyelidikan korupsi tunjangan kinerja (tukin) di Kementerian ESDM.

"Sudah (pemeriksaan Firli Bahuri) dan Pak (Idris) Sihite. (Pemeriksaan) Minggu lalu, lupa hari apa, ya. Minggu lalu," ujar Haris di gedung ACLC KPK, Senin 5 Juni 2023.

Haris menyebut sudah tak ada lagi pihak yang akan menjalani pemeriksaan berkaitan dengan kasus ini. Dia berharap hasil klarifikasi terhadap beberapa pihak bisa dirampungkan.

"Mudah-mudahan, mudah-mudahan selesai Minggu ini," kata dia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Mahfud Md ke Denny Indrayana dan PKS: Tolong Anies Dijaga Agar Tetap Dapat Tiket Nyapres

Menko Polhukam Mahfud MD mengakui, meminta kepada Pakar Hukum Tata Negara Denny Indrayana dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu supaya mengamankan tiket calon presiden untuk Anies Baswedan. Supaya pemerintah tidak dituduh menjegal Anies.

"Bukan hanya Denny yang saya minta. Ketua Umum PKS juga saya minta, tolong Anies dijaga agar tetap mendapat tiket. Nanti yang dituduh kalau ndak dapat tiket, pemerintah," ujar Mahfud di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 5 Juni 2023.

Mahfud mengingatkan untuk tidak menyalahkan pemerintah bila Anies Baswedan gagal nyapres. Apalagi kalau sumbernya adalah masalah internal koalisi.

"Karena nuduhnya pemerintah terus mengganjal Anies. Saya pesan ke Denny tolong itu dijaga. Jangan sampai dari internalnya nanti yang gagal. Kalau pemerintah nggak akan ikut-ikut," ujarnya.

Mahfud memastikan, sikap pemerintah tidak akan intervensi pencapresan Anies. Ia menjamin akan menjaga penyelenggaraan pemilu dengan baik.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Rombongan Gerindra Tiba di DPP PAN, Diantar Bus Pariwisata

Jajaran Partai Gerindra melakukan kunjungan ke Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan. Rombongan datang dengan diantar sebuah bus pariwisata.

Pantauan Liputan6.com, Senin 5 Juni 2023, pihak Gerindra tiba sekitar pukul 14.43 WIB. Tampak jajaran PAN menyambut kedatangan mereka, antara lain Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, dan Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay.

Sementara dari Partai Gerindra tampak hadir Waketum Gerindra Habiburokhman, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, dan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, pertemuan dua partai besar ini akan banyak pembahasan.

"Banyak yang akan dibahas," kata Eddy, saat dikonfirmasi, Senin 5 Juni 2023.

Eddy menyampaikan, nantinya dari Partai Gerindra akan diwakili oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan pengurus lainnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.