Sukses

Pilihan Generasi Muda, PAN Sukses Jadi Partai Magnet Politik Milenial

PAN saat ini dinilai menjadi lebih rasional dan semakin dekat dengan masyarakat serta berhasil mengubah arah komunikasi menjadi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) sukses menjadi partai politik yang paling menarik perhatian masyarakat sebagai wadah perjuangan aspirasi. Kesuksesan ini tidak lain dari hasil kerja keras para pengurus PAN dalam mencari bibit-bibit muda yang berkualitas.

PAN diisi politisi kawakan yang masih muda dan populer. Kebijakan-kebijakan berani PAN yang pro rakyat pun menjadikannya sebagai partai yang paling berpengaruh di kancah politik Indonesia.

Pengamat politik dari Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa langkah Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dalam merekrut kader muda cukup berhasil. PAN berhasil selalu muncul dengan komposisi kader yang lebih dikenal publik dan memiliki kontribusi prospektif dalam politik pembangunan Indonesia.

“Manuver Zulhas galang kader muda utamanya para pesohor, situasi ini akan membawa PAN pada perubahan signifikan,” ujar Dedi, Senin (5/6).

Lanjutnya, Dedi menilai saat ini PAN menjadi lebih rasional dan semakin dekat dengan masyarakat serta berhasil mengubah arah komunikasi menjadi lebih baik. Hal itu dikarenakan Zulhas yang sukses membawa partai ke arah yang lebih terbuka sehingga lebih diterima oleh masyarakat.

Keadaan ini menjadikan PAN sebagai partai politik yang paling banyak dicari oleh parpol lain karena basis massanya yang kuat dan jelas. PAN dengan komitmennya yang menjadi partai terbuka serta transparan ternyata mengundang banyak pihak berbondong-bondong datang ke PAN dan menambah dukungan partai.

“Tentu, ini kabar baik karena ada semacam perluasan target pemilih PAN,” pungkas Dedi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PAN Berpeluang Raih Dukungan Kalangan Muda

Pengamat Politik Adi Prayitno melihat bagaimana peluang PAN meraih dukungan dari kelompok muda. Menurutnya, melihat strategi dan kebijakan yang kini dijalankan oleh PAN, kemungkinan tersebut sangat bisa terwujud.

“Zulhas terlihat memahami situasi pemilih yang akan didominasi kelompok muda, bahkan hadirnya para tokoh populer dari kalangan selebriti menjadi penanda kesadaran Zulhas jika PAN tidak bisa lagi hanya andalkan pemilih mapan,” kata Adi.

Dukungan kelompok muda kepada partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut juga ikut dipengaruhi oleh ideologi PAN sebagai partai terbuka. Menurutnya langkah tersebut bisa menjadi magnet bagi pemilih muda atau pemula di Pemilu 2024.

“Sikap terbuka bagi PAN akan membuat mesin partai menguat, karena masih sedikit partai yang fokus pada pemilih muda,” ungkapnya.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini