Sukses

Resmikan Jembatan Kretek II Bantul, Jokowi Optimis Jalur Lintas Selatan Segera Rampung

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono beserta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan Jembatan Kretek II, di Bantul DIY.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono beserta Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X meresmikan Jembatan Kretek II, di Bantul DIY.

Jokowi mengatakan, jembatan tersebut berada di jalan lintas selatan yang menghubungkan wilayah Banten hingga ujung Jawa Timur.

"Dari ujung Banten nanti sampai ujung di Banyuwangi di Jawa Timur segera selesai tahun ini (lintasan jalan penghubungnya)," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran daring, Jumat (2/6/2023).

Jokowi menambahkan, usai jembatan penyambung antar jalan selesai, artinya untuk wilayah Yogyakarta hanya perlu 14 kilometer lagi yang masih berproses.

"Kalau DIY selesai, Jawa Timur yang 24 Kilometer juga sudah, maka semua keadaan jalanya tersambung seperti ini," tutur presiden.

Kepala Negara optimis, saat jalanan sudah ada dari ujung Banten hingga Jawa Timur maka kecepatan jalur logistik dan mobilitas orang juga barang bisa lebih lancar dan baik dari sebelumnya.

"Saya harapkan, kita harapkan, daya saing produk produk yang ada diproduksi Jawa bagian selatan dengan kompetitif yang jauh lebih baik, goalnya ke sana," dia menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Indah Banyak Objek Wisata Pantai

Diketahui, jalur lintas selatan atau jalan pantai selatan (Pansela) ini nantinya bisa memutus kesenjangan perekonomian antara jalur pantai utara dan selatan, ditambah jalur lintas selatan lot 6 ini dipenuhi dengan potensi wisata alam dengan banyak terdapat pantai.

Beberapa pantai yang terdapat di Pansela lot 6 Jawa Timur ini adalah Pantai Ngelarap Besuki, Pantai Gemah, Pantai Kuteng Watulimo, Pantai Karanggonso, Pantai Pasir Putih, Pantai Genjor, Pantai Popoh, Pantai Kapal.

Saat ini Kementerian PUPR bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten setempat juga tengah membangun tempat istirahat (rest area) yang akan menyajikan pemandangan indah saat melalui ruas-ruas Pansela di Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.