Sukses

Menpora Sampaikan Terimakasih kepada Ridwan Kamil yang Kirim 8 Bandros untuk Pawai Atlet SEA Games

Ada yang menarik saat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melaksanakan kirab dan arak-arakan atlet SEA Games 2023 Kamboja di Jakarta pada Jumat, 19 Mei 2023. Mereka keliling dari kantor Kemenpora ke Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) menggunakan bus wisata.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik saat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melaksanakan kirab dan arak-arakan atlet SEA Games 2023 Kamboja di Jakarta pada Jumat, 19 Mei 2023. Mereka keliling dari kantor Kemenpora ke Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) menggunakan bus wisata. Salah satunya Bandung Tour on Bus alias Bandros yang dikirim langsung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ke Jakarta.

Menpora Dito Ariotedjo mengaku senang dan sangat mengapresiasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebab, telah bersedia dengan sukarela mengirimkan bus-bus wisata tersebut untuk digunakan kirab ratusan atlet SEA Games 2023 Kamboja.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Ridwan Kamil,” ungkap Menpora.

Berkat kehadiran Bandros di Jakarta, ratusan atlet SEA Games 2023 Kamboja bisa pawai menggunakan bus terbuka.

Diakui oleh Dito, Kemenpora sempat meminta supaya transjakarta menambah bus untuk dipakai kirab atlet SEA Games 2023. Namun, penambahan tersebut urung dilakukan lantaran yang tersedia adalah bus tertutup. Menurut dia, bus jenis itu kurang cocok untuk dipakai pawai.

”Kami mintakan tambahan ada sepuluh bus transjakarta. Tapi, busnya itu tertutup. Kurang cocok untuk pawai. Jadi, kami memilih Bandros,” jelas dia.

Bandros merupakan bus wisata yang unik dan menarik. Saat merancang dan menghadirkan bus wisata itu di Bandung, Ridwan Kamil terinspirasi San Francisco Tram dan bus merah di London, Inggris.

Sukses menjadi magnet wisata di Bandung, ketika dipercaya menjadi gubernur Jawa Barat, ide menghadirkan bus wisata serupa Bandros ditularkan oleh pria yang akrab dipanggil RK itu ke berbagai daerah di Jawa Barat. Sehingga bus wisata seperti Uncal milik Pemkot Bogor pun lahir.

Dalam kirab yang berlangsung meriah itu, Bandros dan Uncal turut digunakan mengarak ratusan atlet SEA Games 2023 Kamboja. Sehingga momen langka itu tidak sekedar arak-arakan. Masyarakat yang menyaksikan sedikit banyak bisa berinteraksi dengan para atlet.

”Alhamdulillah kami bisa menemukan Bandros. Ternyata Jawa Barat memiliki banyak sekali,” tutur Dito. Secara keseluruhan ada delapan Bandros yang digunakan dalam kirab tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lampaui Target

Delapan Bandros tersebut dipakai untuk mengarak ratusan atlet sejak pagi hingga siang hari. Menurut Dito, raihan gemilangan para atlet yang tampil di SEA Games 2023 Kamboja patut diapresiasi. Apalagi mereka melampaui target yang telah dipatok.

Salah satu bentuk apresiasi dari Kemenpora adalah menyelenggarakan kirab atau arak-arakan atlet berbagai cabang olahraga. Sehingga masyarakat bisa melihat langsung atlet yang telah mengharumkan nama bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini