Sukses

Top 3 News: Hidangan Spesial untuk Pemimpin ASEAN Saat Gala Dinner KTT ke-42 di Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menggelar jamuan santap malam atau gala dinner bagi para pemimpin ASEAN yang hadir di Labuan Bajo dalam rangka KTT ke-42 ASEAN dengan menghadirkan sejumlah menu makanan khas Nusantara. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menggelar jamuan santap malam atau gala dinner bagi para pemimpin ASEAN yang hadir di Labuan Bajo dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN dengan menghadirkan sejumlah menu makanan khas Nusantara. Itulah top 3 news hari ini.

Acara santap malam digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu 10 Mei 2023. Dalam jamuan santap malam tersebut, para pemimpin negara ASEAN disuguhi asinan buah sebagai makanan pembuka.

Menu utamanya pada gala dinner KTT ke-42 ASEAN bertajuk "Taste of The Archipelago Sea" yang antara lain menyuguhkan sajian lobster, kakap merah khas Bali, hingga nasi minyak berikut beberapa sajian sambal.

Sementara itu, rupanya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai gencar melakukan komunikasi politik jelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Yang terbaru, Menteri Pertahanan itu dijadwalkan bakal bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelumnya, Prabowo juga sudah bertemu dengan Jusuf Kalla (JK).

Menanggapi hal itu, pengamat politik Hermawan Sulistyo menilai rencana pertemuan itu sebagai upaya Prabowo melepaskan diri dari bayang-bayang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Wakil Sekjen DPP PDIP Sadarestuwati yang menyebut, Gubernur Maluku Murad Ismail telah bersikap kasar dan tidak etis saat dimintai klarifikasi terkait istrinya berpindah partai dari PDI Perjuangan ke PAN.

Restu menyebut, Murad Ismail juga menjawab pertanyaan dari dua Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Komaruddin Warubun dengan kemarahan. Bahkan, kata Restu, Murad pergi dari ruangan klarifikasi tanpa ada pamit.

Sebelumnya, Sadarestuwati, menegaskan pemecatan Murad Ismail sebagai Ketua DPD Partai Maluku, telah melalui mekanisme organisasi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis 11 Mei 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Asinan Buah hingga Kakap Merah Jadi Hidangan untuk Pemimpin ASEAN Saat Gala Dinner KTT

Sejumlah menu makanan khas Nusantara disajikan saat Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menggelar jamuan santap malam atau gala dinner bagi para pemimpin ASEAN yang hadir di Labuan Bajo dalam rangka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

Acara santap malam digelar di Ayana Komodo Waecicu Beach, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu, 10 Mei 2023 malam.

Dalam jamuan santap malam tersebut, para pemimpin negara ASEAN disuguhi asinan buah sebagai makanan pembuka.

Sementara itu, menu utamanya bertajuk "Taste of The Archipelago Sea" yang antara lain menyuguhkan sajian lobster, kakap merah khas Bali, hingga nasi minyak berikut beberapa sajian sambal.

Adapun untuk makanan penutup, para pemimpin negara disuguhi kelapa muda. Sambil menikmati sajian tersebut, para tamu undangan disuguhi beragam penampilan kesenian.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Bertemu SBY dan JK, Pengamat: Cara Prabowo Lepaskan Diri dari Bayangan Jokowi

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mulai gencar melakukan komunikasi politik jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terbaru, Menteri Pertahanan itu dijadwalkan bakal bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebelumnya, Prabowo juga sudah bertemu dengan Jusuf Kalla (JK).

Menanggapi hal itu, pengamat politik Hermawan Sulistyo menilai rencana pertemuan itu sebagai upaya Prabowo melepaskan diri dari bayang-bayang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Iya betul (lepas dari pengaruh Jokowi). Bagian dari upaya desperate untuk tetap bisa maju sebagai capres," kata dia ketika dikonfirmasi, Kamis 11 Mei 2023.

Kendati begitu, Hermawan meyakini, pertemuan dengan SBY itu tidak rasional bagi Prabowo yang sudah berkali-kali gagal dalam Pilpres. Dia merasa, pertemuan tersebut dikondisikan oleh orang-orang yang ada di lingkaran Prabowo.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pemecatan Murad Ismail, PDIP: Dimintai Klarifikasi tapi Marah-Marah dan Arogan

Wakil Sekjen DPP PDIP, Sadarestuwati menyebut, Gubernur Maluku Murad Ismail telah bersikap kasar dan tidak etis saat dimintai klarifikasi terkait istrinya yang berpindah partai dari PDI Perjuangan ke PAN.

"Ketika diminta Klarifikasi di DPP beliau menunjukkan sikap yang bisa dibilang arogan dan emosional,” kata Restu saat dikonfirmasi, Kamis 11 Mei 2023.

Restu menyebut Murad Ismail juga menjawab pertanyaan dari dua Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Komaruddin Warubun dengan kemarahan. 

"Di hadapan pak Djarot dan pak Komar beliau sangat marah marah, dan beliau mengatakan bahwa dirinya merasa bukan orang partai, menurut saya, sangat fatal karena beliau menjadi gubernur kan karena partai ketua DPD. Ketika beliau mengatakan saya bukan orang partai bagi saya itu sudah kelewat batas,” kata dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.