Sukses

Depok Diguyur Hujan Deras, Jalan Arif Rahman Hakim Banjir dan Bikin Macet

Banjir di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok merupakan bukan untuk pertama kalinya. Jalan tersebut dilaporkan kerap menjadi langganan banjir apabila hujan deras dengan waktu cukup lama.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras mengguyur Kota Depok menjelang sore hari. Terpantau sejumlah jalan tergenang hingga menimbulkan kemacetan panjang lantaran berusaha menghindari banjir. 

Salah seorang pengguna jalan, Sanuddin mengatakan, genangan air maupun banjir terjadi setelah hujan deras sekitar pukul 15.00 WIB hingga 16.30 WIB. Akibatnya, Jalan Arif Rahman Hakim mengalami banjir dan menimbulkan kemacetan lalu lintas. 

"Iya ketinggian air mencapai 15 sentimeter," ujar Sanuddin saat ditemui Liputan6.com di lokasi banjir, Senin (8/5/2023).

Dia menjelaskan, banjir di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok bukan untuk pertama kalinya. Menurutnya di jalan tersebut kerap menjadi langganan banjir apabila hujan deras dengan waktu cukup lama.

"Kalau di sini sudah sering, pokoknya kalau hujan deras pasti banjir pas turunan dari fly over," jelas Sanuddin. 

Akibat banjir di jalan tersebut, pengendara berusaha menghindari banjir dengan memilih jalan yang cukup tinggi. Walhasil, menimbulkan kemacetan lalu lintas cukup panjang di fly over Arif Rahman Hakim.

"Dampaknya macet mulai dari Jalan Margonda. Persisnya lampu merah sampai ke lokasi banjir, tadi juga depan Terminal Depok juga banjir, tapi sudah mulai surut," ucap Sanuddin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Genangan Air Akibat Sampah yang Tersumbat

Sanuddin meminta, Pemerintah Kota Depok dapat mencari solusi penanganan banjir di Jalan Arif Rahman Hakim, maupun Jalan Raya Margonda, dan jalan lainnya. Menurutnya, terdapat beberapa pengendara motor yang mengalami mogok saat melintas di lokasi banjir. 

"Kalau bisa segera diatasi, masa setiap hujan kayak gini terus. Tadi saja ada motor yang nekat lewat malah mogok," jelas Sanuddin.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Citra Indah Yulianty telah menurunkan Satgas Banjir untuk menangani genangan air. Satgas tersebut berusaha melakukan penanganan, salah satunya mengontrol saluran pembuangan air. 

"Kami sudah turunkan Satgas, sampah yang tersumbat menjadi penyebab terjadinya genangan," kata Citra. 

Dia menuturkan, genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim disebabkan saluran air tidak dapat menampung debit air hujan cukup banyak. Genangan pun tidak berlangsung lama dan dapat segera surut. 

"Genangannya tidak lama cepat surut. Bahkan di depan Terminal Depok hanya genangan saat hujan, setelah hujan berhenti langsung surut," tutur Citra.

 

3 dari 3 halaman

Masyarakat Jaga Saluran Air dari Tumpukan Sampah

Citra meminta, peran serta masyarakat untuk membantu menjaga saluran air dari tumpukan sampah. Menurutnya, sampah memberikan dampak kepada saluran air sehingga saat hujan, saluran tersebut tidak cepat menyalurkan air saluran pembuangan.

"Jadi kami meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga saluran air dari sampah yang dibuang sembarangan," pungkas Citra. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.